Eksplorasi Jurnalistik: LPM Edukasi UIN Walisongo Kunjungi Graha Pena Jawa Pos Surabaya

Dokumentasi foto bersama di Jawa Pos

Semarang, lpmedukasi. com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Kunjungan Media di Graha Pena Jawa Pos, Surabaya pada Selasa (28/05/2024).  

Pada kegiatan kunjungan media kali ini mengangkat tema "Eksplorasi Dunia Jurnalistik Melalui Kunjungan Media Massa" Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh 35 peserta. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang ada. Hal ini dibuktikan dengan interaksi aktif saat dialog bersama para jurnalis profesional Graha Pena Jawa Pos. 

Dwi Susanti, selaku ketua panitia menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan insight kepada Kru LPM Edukasi terhadap dunia jurnalisme.

"Tujuan acara ini yaitu untuk memberikan insight kepada Kru LPM Edukasi terhadap dunia jurnalisme, mampu memahami pengelolaan media massa, dan alur pemberitaan media melalui  PT. Jawa Pos Koran," katanya.

Nurul, salah satu peserta dari kunjungan media menyampaikan bahwa ilmu yang didapat selama kunjungan media dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas.

"Dengan adanya kunjungan media yang dilakukan kemarin, para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat selama kunjungan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas, baik media cetak maupun media online yang dimiliki. Selain itu, dapat menambah ketertarikan kru LPM Edukasi terhadap dunia pekerjaan jurnalistik," ucapnya. 

Nila, selaku Pimpinan Umum LPM Edukasi menyampaikan bahwa ada beberapa tujuan dari kegiatan ini.

"Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang industri media mulai dari proses produksi, tips dan trik, hingga solusi-solusi yang ditawarkan saat mendapat tantangan sebagai jurnalis. Selain itu, juga membangun jaringan dan koneksi dengan jurnalis, editor, dan professional media, seperti Jawa Pos Surabaya, yang mana menjadi salah satu media besar di Indonesia. Tujuan lainnya yaitu untuk memperkuat peran Pers Mahasiswa seperti LPM Edukasi di era sekarang," jelasnya.

Lanjut, Nila juga menyampaikan harapannya.

"Harapannya yang pasti semoga acara ini bisa menjadikan kawan Kru Edukasi lebih berkembang dalam pemikiran dan eksekusi, kuat seperti jurnalis yang bisa tenang dalam tekanan dari berbagai arah, serta sebagai pandangan ke depan jikalau mempunyai kesempatan menjadi jurnalis media professional," tambahnya.

Dwi juga berharap para peserta dapat mengambil ilmu dan pengalaman melalui kegiatan tersebut.

"Harapannya para peserta dapat mengambil ilmu dan pengalaman terkait dunia jurnalistik yang disampaikan pihak Jawa Pos," ucapnya.

Lanjut, Dwi menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan ini. 

"Saya merasa senang setelah mengikuti kunjungan media ini karena lebih tau apa saja yang ada dalam dunia jurnalistik. Kita dijelaskan tentang tata pengelolaan media massa, alur pemberitaan, tour ruangan yang ada di Jawa Pos, seperti: studio TV, ruang pembuatan berita, dan lainnya," tambahnya.

Nila, juga menyatakan bahwa acara ini seru dan  menyenangkan.

"Pastinya saya merasa sangat senang dan alhamdulillah seru sekali. Pengalaman yang tidak akan terlupakan, sehari di Surabaya dengan Kru Edukasi," pungkasnya.


Penulis: Firda (Kru Magang 23)

Editor: Agustin 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak