Kuatkan Persaudaraan, Gerakan Masyarakat Lintas Agama Semarang Berbagi Nasi Kotak dan Takjil


 Dok. Posko Ramadhan #SalingJaga

Semarang, lpmedukasi.com – Sejumlah elemen masyarakat lintas agama di Kota Semarang mengadakan Posko Ramadhan #SalingJaga. Kali ini mereka mengadakan kegiatan berbagi nasi kotak dan takjil di sekitar Jl. Pahlawan pada minggu sore (19/4).

“Awalnya kami ingin berbagi kebaikan kepada saudara-saudara kami yang sedang menjalankan ibadah puasa dan gayung bersambut, kawan-kawan dari lintas agama pada sore hari  ini berkenan bersama-sama kami turun di Jl. Pahlawan membagikan 200 nasi kotak dan takjil kepada masyarakat Kota Semarang yang membutuhkan,” ujar Setiawan Budy atau yang kerap dipanggil Wawan, koordinator Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Semarang.

Ia berharap dimulai dari kegiatan ini orang-orang dapat melihat di Kota Semarang meskipun terdiri dari beragam etnis, suku dan agama yang berbeda, tapi dapat saling membantu dan saling menjaga satu sama lain.

Berbagai organisasi dan komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah; Pelita Semarang, Gusdurian Semarang, FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Semarang, WALHI (Wahana Lingkungan Hidup) Jawa Tengah, Humanity First Indonesia, JAI (Jemaat Ahmadiyah Indonesia) Semarang, BEM KM UNNES, JARILIMA (Jaringan Peduli Iklim dan Alam), Klub Merby, dan Perguruan Trijaya.

“Kegiatan yang melibatkan berbagai elemen lintas agama di Kota Semarang ini sudah lama terjalin, saat bulan puasa kita juga sudah terbiasa bagi-bagi takjil,” ucap Bante Thanapanno salah seorang pemuka agama Budha.

“Kegiatan ini sangat bagus karena mencermikan banyaknya antusias relawan dari beragam suku dan agama yang berbeda tetapi mereka satu kesatuan di Kota Semarang, ini merupakan kegiatan sangat baik,” imbuhnya.

“Harapan saya, semoga kepedulian seperti ini cepat meningkat di kota ini, bukan hanya satu titik tetapi berbagai titik di Kota Semarang, sehingga seseorang yang kondisinya kekurangan, bisa ikut berbuka puasa dengan layak,” pungkasnya.

Selama bulan puasa ini pada minggu-minggu selanjutnya, Posko Ramadhan #SalingJaga akan mengadakan kegiatan lanjutan berupa Bedah buku “Berislam Secara Moderat”, berbagi makanan, dan ditutup dengan Bazar Murah Ramadhan pada awal Mei menjelang Hari Raya Idul Fitri.



Penulis : Akmali

Editor   : Syafiq

Posting Komentar

1 Komentar