Sinergitas: Problem Klasik Lembaga Eksekutif Mahasiswa

Dok. Edu/Udin


Semarang, lpmedukasi.com - Bertempat di Aula 1 kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) dan seluruh jajarannya, meliputi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatln Mahasiswa (UKM) dilantik kamis (06/02) oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan FITK Lift Anis Ma'sumah. Hal ini berdadarkan Surat keputusan pelantikan nomor B-55/Un.10.3/D/KP.003/2/2020.

DEMA-F dan jajaranya selalu ada pembaharuan kepemimpinan setiap tahun. Namun, elemen-elemen di dalamnya masih berjalan tanpa koordinasi dan kerja sama yang solid. Hal tersebut disampaikan Ilham, Ketua Senat Mahasiswa FITK (SEMA-F) pada saat wawancara di acara pelantikan.

"Setelah saya mengumpulkan evaluasi-evaluasi dari beberapa ketua UKM dan HMJ, bisa saya tarik kesimpulan bahwa mereka beranggapan kepengurusan internal di HMJ maupun UKM terasa berjalan sendiri-sendiri, atau kurang bersinergi ditahun-tahun sebelumnya. Namun dibalik hal itu, mereka sebenarnya juga ingin untuk seluruh lembaga bersinergi satu dengan lainnya," paparnya.

Hal senada juga di ungkapkan Kurniawan, ketua umum UKM Tarbiyah Sport Club (TSC) periode 2020. Ia mengungkapan tahun-tahun sebelumnya masih ada kekurangan. Terutama pengelolaan UKM  yang belum begitu jelas.

"Tata kelola diperjelas lagi, dan komunikasi dengan UKM dan HMJ dimaksimalkan lagi, serta dirangkul. Dan nanti setelah semuanya saling kompak, maka FITK juga akan lebih maju," jelas Kurniawan.

Menanggapi soal sinergitas antar lembaga. Hamdi, selaku ketua DEMA-F periode 2020 memberikan solusi dengan 2 kunci.

"Kalau sinergi, kita punya 2 kunci, yakni koordinasi dan komunikasi. Jika keduanya berjalan dengan baik dari kami dengan UKM dan HMJ, semua lembaga di ranah Fakultas juga akan bersinergi," ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut hal tersebut, ia mencanangkan langkah yang akan ia ambil untuk 100 hari pertama dalam kepemimpinannya.

"Untuk 100 hari pertama kami akan memaksimalkan progres per lembaga, dengan cara kami diawal kepengurusan mengadakan rapat kerja bersama. Yang nantinya akan kami lakukan penyelarasan waktu. Dan disaat itu, kami akan melakukan pemetaan-pemetaan untuk menggalakkan kinerja pada setiap UKM dan HMJ di dalam masa kepemimpinan kami," tandasnya.

Penulis: Udin

Editor  : Fadlul

Posting Komentar

0 Komentar