Seminar Media Pembelajaran: Membangun Pembelajaran Interaktif Melalui Teknologi sebagai Media Pembelajaran Kreatif

 

Dok. Redaksi
SEMARANG, lpmedukasi.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid menggelar acara Seminar Media Pembelajaran dengan tema “Building Interactive Learning Through the Use of Technology as a Creative Learning Media”. Acara ini berlangsung di Gedung Teater IsDB FSH Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Selasa (26/03/2024). Acara ini menghadirkan seorang guru dari Singapore Intercultural School, Yuniar Chrismonia Caesar sebagai pemateri seminar. 

Dalam pemaparan materi, Yuniar menjelaskan bahwa seorang guru harus bisa menginspirasi murid-muridnya.
 “How teaching is supposed to be? Inspiring your student to be the best version of themselves. Tujuan mengajar adalah untuk menginspirasi murid supaya menjadi versi terbaik diri mereka. Jadilah guru yg peduli dengan murid-murid, itu merupakan salah satu strategi yg tepat dalam mengajar,” ujarnya. 

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa media pembelajaran terdiri dari tools (alat), material (bahan), dan sumber yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
"Media pembelajaran terdiri dari 3 komponen yaitu 
tools atau alat, material atau bahan ajar, dan sumber yang digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar. Untuk pelajaran bahasa Inggris sendiri ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan guru untuk menunjang pembelajaran, seperti British Counsil Learn English, iSLCollective, Live worksheet, Wordwall, Canva, dan masih banyak lainnya," jelasnya. 

Di akhir pemaparan materinya, Yuniar memberikan closing statement bahwa seorang guru sebaiknya tidak terlalu menciptakan jarak dengan murid.
 "Jangan ciptakan gap dengan murid kalian. Jadilah guru yang bersinar," pungkasnya.

Reporter: Shihatud dan Nurla
Editor: zul 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak