Pola Hidup Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa bagi Mahasiswa Gen-Z

Ilustrasi Aktifitas saat Puasa (Microsoft Bing)
Hai teman-teman, gimana nih aktivitas kalian selama menjalankan ibadah puasa?

Selama menjalankan ibadah puasa, tentu kita semua melakukan puasa, sahur, dan berbuka. Namun, tahukah kita tentang pola hidup sehat yang baik dan benar? Sebagai umat Islam, kita tentu sudah mengenal bulan Ramadan yang disebut sebagai bulan suci-nya umat Islam. Di bulan yang mulia ini, kita menjalankan rukun Islam yang ke-empat, yaitu puasa, sesuai perintah Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah ini, kita harus mengikuti langkah-langkah seperti niat, menyucikan diri, menjaga hawa nafsu, dan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ada juga aktivitas ibadah yang khusus dilakukan selama Ramadan, seperti Tarawih, Tadarus di malam hari, Tadarus di pagi hari, sholat malam, dan membayar zakat.

Namun, sayangnya, banyak di antara kita yang mengabaikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan, terutama saat berbuka puasa. Kebiasaan ini misalnya langsung mengonsumsi minuman manis tanpa minum air putih terlebih dahulu, serta langsung mengonsumsi makanan berat seperti nasi, sayur, dan lauk-pauk. Selain itu, ada kebiasaan tidur setelah sahur. Pola hidup seperti ini dapat berdampak negatif pada tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan pola hidup sehat selama Ramadan. Kita sebaiknya memulai berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu agar tubuh terhidrasi dengan baik. Setelah itu, kita dapat mengonsumsi makanan yang seimbang, seperti nasi, sayur, dan lauk-pauk, dalam porsi yang tepat. Hindarilah makanan berat yang dapat memberatkan pencernaan. Selain itu, setelah sahur, sebaiknya berikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik sebelum beristirahat. Pastikan kita tidur dengan cukup agar tubuh mendapatkan istirahat yang optimal. Dengan memperhatikan pola hidup sehat ini, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik dan menjaga kesehatan tubuh serta jiwa kita. 

Puasa memang melibatkan penahanan hawa nafsu dan lapar, tetapi akan lebih baik jika kita menjalankan pola hidup sehat yang produktif. Pertama-tama, kita dapat memulai berbuka dengan minum air putih. Selama satu hari penuh, energi dalam tubuh kita terus digunakan, sedangkan organ-organ dalam tubuh bekerja tanpa mendapatkan asupan energi di siang hari dan sore hari. Hal ini mengakibatkan penurunan energi dalam tubuh seperti pada hari-hari di luar bulan Ramadan. Oleh karena itu, penting untuk memulai berbuka dengan minum air putih agar cairan dalam tubuh kita terpenuhi dan mencegah dehidrasi yang berkepanjangan.

Selanjutnya, kita bisa memilih untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin saat berbuka. Makan buah yang mengandung vitamin dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena memberikan tambahan nutrisi. Rasulullah SAW. menganjurkan umatnya untuk hanya minum air putih dan memakan buah saat berbuka puasa. Mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan saat berbuka dapat menyebabkan kekenyangan dan menunda pelaksanaan ibadah sholat Maghrib serta tarawih. 

Jika kita puasa, tetapi tidak melaksanakan sholat tarawih, bahkan sholat wajib, dapat diibaratkan, seperti mengisi air pada gelas yang bocor. Kita berbuat baik, tetapi tidak mendapatkan pahala karena tidak melakukan perintah Allah SWT. di bulan Ramadan. Selain itu, lebih baik memulai makan-makanan berat seperti nasi, sayur, dan lauk setelah melaksanakan sholat tarawih. 

Dalam dunia kesehatan, disarankan untuk makan berat setelah melakukan kegiatan, karena energi dalam tubuh sudah habis. Dengan mengisi energi dalam tubuh setelah melaksanakan sholat tarawih, kita dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan. Selain pola makan, kita juga dapat memanfaatkan waktu setelah makan sahur dengan baik. Sebaiknya, setelah makan sahur, tidak langsung tidur. Karena makanan yang baru masuk ke dalam tubuh sedang diproses oleh organ tubuh, lebih baik menggunakan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas ringan, seperti: membersihkan tempat tidur, membaca buku sambil duduk, atau belajar memahami materi. Dengan prinsip pola hidup seperti ini, tubuh kita dapat tetap sehat seperti biasanya, sehingga risiko obesitas dapat diminimalisasi sejak dini.

Sebagai generasi Z, penting bagi kita untuk mengatur pola hidup sehat sejak dini. Daya imun yang kita miliki saat ini belum tentu bisa dimiliki di hari esok. Dengan menjaga hidup sehat, pola hidup kita akan menjadi sehat dan segala aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik. Dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan produktif saat menjalankan ibadah puasa, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan ibadah kita. 

Penulis: Dena Nurus Salamah (Kru Magang 2023)
Editor: Faizul

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak