Pengaruh Template pada Kreativitas Designer Grafis

 

Dok. Google

Design merupakan salah satu sarana komunikasi yang dikemas secara menarik. Untuk menuangkan kreativitasnya, seorang designer memperlukan berbagai aplikasi baik menuangkan ide- idenya baik melaui handphone maupun PC. Tak hanya itu ia harus paham dan dapat mengaplikasikan tools- tools dari berbagai aplkasi seperti corel draw, adobe ilustration, photoshop, canva, pixellab dan aplikasi lainya. Pekerjaan designer grafis melonjak dari beberapa tahun belakangan ini, apalagi saat corona dimana banyak yang bekerja dari rumah. Seorang designer grafis juga dapat bekerja sebagai freelancer di berbagai platform bahkan dimana saja karena design visual sangat penting dan banyak digunakan dalam menyalurkan informasi.

Sebuah design tidak ada komponen yang benar- benar baru, karena sejatinya seorang designer mempunyai sebuah inspirasi dan kreativitas dari apa yang ia lihat, dengar atau rasakan. Contohnya dalam design PPT yang menggunakan elemen siswa, bunga, pohon, rumah dimana hal- hal tersebut ada dan nampak di  dunia nyata kemudian dimodifikasi menjadi design visual. Munadir (1999) meyatakan bahwa kreativitas bukan sebagai kemampuan untuk menciptakan hal- hal baru, tetapi merupakan gabungan (kombinasi) dari hal- hal yang sudah ada sebelumnya, termasuk pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh seseorang dalam hidupnya.

Namun bagaimana jka seorang designer sering menggunakan template yang disediakan suatu aplikasi dalam men-design?

Template sendiri mempunyai sisi positif dan negatif bagi kreativitas seorang designer. Sisi positif yang dapat diambil dari keberadaan template adalah 1) designer dapat mempunyai tambahan referensi design baik dari segi warna, layout, font dan elemen; 2) disaat tertentu seorang designer dapat memanfaatkan template untuk mengerjakan designe dengan cepat; 3) kreatifitas designer juga dapat terasah dengan menggunakan template, baik dari segi pemikiran ataupun keihaian untuk menggunakan tools.

Sisi buruknya, jika seorang designer menggunakan template secara terus menerus tanpa mempunyai inisiatif membuat design dari nol ia akan kesusahan menggunakan tools secara mandiri. Seorang designer juga dapat menjadi stuck karena template yang digunakannya.

Kesimpulannya, template dapat mempengaruhi kreativitas seoran designer baik dari segi positif maupun negatif. Namun, bagi seorang designer akan lebih baik jika menggunakan template untuk belajar dan pengembangan kemampuan men-design-nya. Karena menurut penulis jika sering menggunakan template dapat menghambat kreativitasnya. Sedangkan setiap designer mempunyai ciri khas tersendiri, jika sering menggunakan template ciri khasnya tersebut akan sulit terlihat.


Penulis: Arina Aina Na'ma

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak