DEMA UIN Walisongo Adakan Dialog Interaktif Suara Mahasiswa Bertema Politik

Dok. LPM Edukasi (Faza)

Semarang, lpmedukasi.com - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan Dialog Interaktif Suara Mahasiswa. Acara yang mengusung tema “Partai Politik Dalam Teropong Kritis Mahasiswa Melalui Peran dan Fungsi Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia” ini bertempat di Auditorium Kampus 3, pada Senin (11/09/23). 

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, yaitu Hendrar Prihadi selaku Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), Wakil Rektor 3 UIN Walisongo Semarang, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Tengah, Sekretaris Jenderal Dewan Kooordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa, Ketua PD Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Jawa Tengah, Ketua Umum Netfid Indonesia, dan Ketua Umum Mimbar Peradaban.

Eka Mulya, selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengulik secara langsung tentang peran dan fungsi partai politik dalam pemerintahan.

“Jadi kami mengambil kesempatan untuk mengulik secara langsung bagaimana sih partai politik itu, apakah hanya mengambil suara massa pada waktu kampanye saja atau dia memiliki peran dan fungsinya di lembaga pemerintahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa acara ini berfokus pada gagasan-gagasan atau kebijakan partai politik di lembaga pemerintahan yang perlu di ungkap oleh praktisi dan akademisi.

“Kita mengundang para petugas partai, akademisi, praktisi, dan beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk mengulik dan mengungkap apa yang ingin dilakukan partai politik ketika menang di 2024,” jelasnya.

Bintang, selaku Wakil DEMA-U berharap dengan adanya acara ini mahasiswa bisa lebih banyak mengkritisi dan memberi masukan atas kebijakan-kebijakan atau gagasan partai politik.

"Harapanya untuk mahasiswa bisa lebih banyak mengkritis kebijakan-kebijakan ataupun gagasan parta politik dan juga memberi masukan, karena bagaimanapun juga mahasiswa termasuk agent of change," pungkasnya.


Reporter : Sakinah (Kru Magang 2022)

Editor : Zul

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak