Menyikapi Hadirnya Chat GPT dengan Bijak

Dok. Google

Zaman semakin berkembang, waktu terus berputar, begitu pula dengan kehidupan yang semakin hari semakin serba instan. Di era digital ini sedang booming sebuah inovasi  teknologi yaitu AI (Artificial Inteligence) yang dianggap pintar bahkan tahu segalanya.

Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang merupakan suatu inovasi di dunia teknologi dan diciptakan oleh ilmuwan komputer Kanada; Geoffrey Hinton, yang hari-hari ini perkembangannya cukup menakjubkan.

Salah satu jenis AI yang paling populer adalah Chat GPT. Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh OpenAI, menggunakan teknologi AI dengan model dialog chat. Chat GPT adalah sebuah instrumen pembantu untuk mencari informasi. Pencarian informasi yang mulanya memerlukan waktu berjam-jam, kini bisa didapatkan hanya dalam beberapa detik dengan menggunakan Chat GPT.

Perlu diketahui bahwa meskipun Chat GPT diberi pertanyaan yang sama, tetapi ia mampu memberikan jawaban yang berbeda-beda. Artinya Chat GPT mempunyai limitasi-limitasi tertentu yang perlu kita ketahui agar kita bisa bijak dalam menggunakannya. Dari variasi jawaban yang diberikan oleh Chat GPT, kita bisa belajar bahwasanya jawaban itu memiliki perspektifnya masing-masing tergantung asumsi kita sendiri

Sebagai generasi milenial tentu kita harus beradaptasi dengan hal ini. Kita harus memanfaatkannya sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Sebagai kaum terpelajar, kita juga perlu menguji dan memverifikasi keakuratannya, jangan hanya menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan dari Chat GPT tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebagai generasi milenial kita harus bijak dalam menyikapi hadirnya teknologi ini.


Penulis : Faizul Ma'ali (Kru Magang 2022)

Editor   : Zulfi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak