4 Tips Jadikan Liburan Lebih Berkesan

Dok. Google

Liburan semester merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap orang. Saat liburan kita bisa bersantai setelah mengerjakan tugas yang begitu banyak. Selain itu, liburan juga merupakan momen istimewa bagi para perantau karena bisa pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.

Bagi beberapa orang, waktu liburan bisa digunakan untuk bermalas-malasan sepuasnya. Namun, menghabiskan waktu seharian dengan bermalas-malasan justru akan membuatmu kita lelah dan lemas. Kebanyakan orang biasanya mengisi waktu luangnya dengan tidur, bangun, makan, dan bermain gadget. Liburan seolah menjadi balas dendam setelah melakukan aktivitas kuliah yang cukup menguras tenaga dan pikiran.

Namun, sangat disayangkan jika waktu liburan kita hanya dihabiskan untuk bermalas-malasan. Akan lebih baik jika kita melakukan hal-hal yang produktif dan bermanfaat. Berikut tips jadikan waktu liburan lebih menyenangkan dan berkesan :

1. Lakukan hal-hal baru

Melakukan hal-hal yang belum pernah kita coba bisa menambah pengajaran atau edukasi. Seperti belajar membuat kue, mengeksplorasi tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi, dan hal-hal menarik lainnya.

2. Tingkatkan keahlian dan bakat

Ketika liburan kita bisa memanfaatkan waktu untuk belajar lebih banyak dan mendalami bakat kita. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan hobi, yang akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan.

3. Beraktivitas diluar ruangan

Beraktivits diluar ruangan bisa dilakukan dengan berolahraga. Olahraga bisa me-refresh otak, menghilangkan stres dan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu kita juga bisa pergi berlibur ke suatu tempat bersama teman ataupun keluarga. Liburan bersama keluarga adalah momen berharga dan menjadi waktu yang tepat untuk mengisi energi positif yang dapat menumbuhkan keharmonisan di dalamnya.

4. Penuhi tanggung jawab membantu orang tua

Ketika berada di rumah semestinya kita harus membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah. Apalagi liburan semester adalah waktu yang begitu panjang. Hal ini seharusnya menjadi kesempatan bagi kita untuk memberikan hadiah bagi orangtua, salah satunya yaitu dengan berusaha untuk meringankan beban pekerjaan rumah.

 

Penulis : Meutia Kamila (Kru Magang 2022)

Editor : Zulfi


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak