Mahasiswa PPL SMP Islam Al-Azhar 29 Lauching Antologi Cerpen Saat Acara Penarikan PPL




                              Dok. Yulia


Semarang, lpmedukasi.com - Bertempat di Gedung Gedung Imam Syafii Convention Hall (ISCH) Al-Azhar BSB, seluruh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang ditarik oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) setelah menjalani PPL selama dua bulan di Yayasan Pesantren Al-Azhar BSB. Sekaligus menghadiri acara penarikan tersebut, mahasiswa PPL SMP Islam Al-Azhar 29 BSB mengadakan lounching buku antologi cerpen dengan judul “Merampai Angan, Ciptakan Kenangan”pada 17-03-2022.

Selama masa PPL berlangsung, setiap kelompok PPL membuat program unggulan unggulannya masing-masing, tidak terkecuali mahasiswa PPL di SMP Islam Al-Azhar 29 BSB. 
Beranggotakan 14 mahasiswa PPL dari berbagai angkatan dan beberapa jurusan di SMP tersebut, mengusung program unggulan menulis bersama dengan tema “Menulis Bareng”. 

Riyas, selaku koordinator PPL mrngatakan program menulis bareng ini dipilih sebagai program unggulan dengan tujuan untuk membangkitkan dan menumbuhkan kembali semangat literasi di tengah zaman globalisasi.

“Tujuan diadakannya program (nulis bareng) bersama murid-murid SMPI Al-Azhar 29 Semarang untuk meningkatkan daya minat para murid-muridnya dalam dunia literasi, serta meningkatkan kemampuan literasi para murid-murid sehingga harapan kami mencetak generasi literat yang unggul. Kami bersyukur Alhamdulillah program nulis bareng sangat diterima dengan tulus oleh pihak SMPI Al Azhar 29 . Program ini akan melanjutkan perjuangan para murid murid SMPI Al-Azhar 29 untuk menjadi duta literasi,”ungkapnya.
 
Salah satu mahasiswa PPL dalam kelompok tersebut menambahkan bahwa lunchingnya buku ini merupakan salah satu upaya mengurangi kecenderungan dalam memakai gawai yang berlebihan.

“Program ini sengaja diusung oleh kami sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan semangat literasi bagi generassi muda saat ini. Penulisnya yaitu dari murid-murid dan juga Bapak Ibu PPL. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa gadged telah mewarnai hari-hari hingga lupa untuk berliterasi. Bahkan cenderung hanya menjadi generasi pengonsumsi tanpa melakukan sebuah kegiatan produksi sebab ya setiap harinya sudah pasti tidak jauh dari aktovitas menggunakan gawai. Maka, harapan kami dengan lahirnya karya ini dapat menjadi cikal bakal kembalinya semangat literasi ditengah zaman globalisasi,” paparnya.

An Nisa salah satu murid SMP Islam Al Azhar BSB kelas 9 turut menyampaikan kesan dan pesannya dalam menjadi salah satu penulis di dalam buku berjudul “Merampai Angan Ciptakan Kenangan” ini.

“Seru banget, dapet sertifikat, bisa di pajang di rumah. Nulis cerpennya juga seru,” ucapnya dengan penuh semangat.

Reporter : Yulia Mayasari
Editor : Risma

Posting Komentar

0 Komentar