Optimalikan SDA, Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Nugget

Dok. Pribadi/Hombeng



Semarang, lpmedukasi.com -Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-IX Posko 25 UIN Walisongo Semarang yang bertempat di Kelurahan Muktiharjo Lor Kecamatan Genuk, mengadakan pelatihan pembuatan nugget ikan patin.

Berdasarkan hasil observasi tim KKN kepada petani tambak di RW 01, warga belum menemukan cara lain dalam pengelolaan ikan patin paska panen selain dijual ke tengkulak.

“Ini pekerjaan sambilan. Saya bekerja di bengkel sepeda yang ada di depan itu." Tutur salah satu petani tambak seraya menunjuk kearah bengkelnya pada hari senin (24/2).

Berangkat dari banyaknya tambak ikan patin yang ada di Kelurahan Muktiharjo Lor, tim KKN Posko 25 berinisiatif mengoptimalkan peluang usaha dengan memanfaatkan bahan mentah yang sangat melimpah. Kegiatan yang dipertanggungjawabkan oleh divisi kewirausahaan ini mendapat respon sangat positif oleh peserta pelatihan. Karena selain menumbuhkan jiwa berwirausaha, kegiatan ini juga sangat mengedukasi masyarakat.

“Warga bisa lebih tahu memanfaatkan ikan patin karena banyaknya kandungan gizi dalam ikan patin. Selama ini warga banyak yang tidak suka mengkonsumsi ikan patin dengan alasan sangat amis. Dengan adanya inovasi nugget seperti ini anak-anak bakalan suka.” Kata Ning salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan pembuatan nugget ikan patin yang juga bekerja sama dengan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) ini mendapatkan apresiasi dan berbagai pujian dari perserta kepada semua kerabat kerja KKN Posko 25. Selain belajar bersama, makan bersama, semua peserta yang hadir juga bisa membawa pulang nugget hasil cipta karyanya sendiri.

Penulis : Hombeng (Tim KKN MIT ke-9 UIN Walisongo Semarang Posko 25 Kelurahan Muktiharjo)
Editor : Fadlul

Posting Komentar

0 Komentar