Kampus UIN Walisongo Semarang Mengisolasi Diri dari Covid-19

Dok. Edu/Risma


Semarang, lpmedukasi.com – Semenjak diedarkannya surat keputusan Rektor Nomor B-1630/Un.10.0/R/HM.00/03/2020 tentang pencegahan penyebaran covid – 19, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengganti kegiatan akademik secara daring/online selama dua pekan.

Surat edaran yang mulai berlaku pada Senin (16/03) itu, membuat situasi kampus menjadi sepi. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang biasanya ramai juga nampak sepi dengan pintu depan yang tertutup rapat. Bergeser ke perpustakaan Tarbiyah di kampus II, suasana perpustakaan juga terlihat sepi. Sebab, perpustakaan hanya menyediakan jasa pengembalian buku.

"Info dari perpustakaan Tarbiyah, senin tetap buka tapi hanya melayani pengembalian buku," Tulis Pipit, anggota Tarbiyah Librarian Club (TLC) via chatting Whatsapp.

Begitupun Tes TOEFL dan IMKA, dilansir dari amanat.id pelaksanaan Tes TOEFL dan IMKA yang akan dilakasanakan pada Selasa, (17/3) bakal ditunda dan akan di ganti waktu yang lain. Pun dengan kursus TOEFL dan IMKA untuk sementara waktu juga diliburkan dan bakal diimumkan lewat situs resmi Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) apabila akan dilaksanakan kembali.

Namun, ada hal menarik yang terjadi di kampus II UIN Walisongo. Setelah surat keputusan Rektor tersebut diedarkan masih terdapat mahasiswa yang tidak mempercayainya.

“Saya datang ke kampus karena ingin memastikan apakah benar diliburkan atau tidak. Sebab, semalam informasi yang saya dapatkan masih simpang siur,” Ungkap mahasiswa FITK yang sedang nge-print tugas di fotokopian lingkungan kampus II.

Hal yang menarik juga terjadi pada bapak penjaga toko fotokopian Ma’had kampus, Ia sengaja membuka tempat fotokopian karena tidak mengetahui perihal surat edaran tersebut.

“Saya merasa terkejut melihat kampus, suasananya sepi sekali. Saya baru tahu tadi, kalau kampus diliburkan dan itupun diberi tahu oleh mahasiswa pagi tadi,” Paparnya.

Walaupun kegiatan perkuliahan diliburkan secara ofline sementara waktu, berbeda dengan tenaga kebersihan. Mereka masih melaksanakan tugasnya membersihkan wilayah kampus di tengah – tengah status siaga covid – 19.    

Penulis: Risma
Editor: Fadlul

Posting Komentar

0 Komentar