Tingkatkan Kualitas Akademik, HMJ PAI Adakan Workshop Kedua Kalinya

Doc. Edukasi 


Semarang, EdukasiOnline--Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) mengadakan Pelatihan Keakademikan pada hari Minggu (14/4). Dengan mengusung tema “Meningkatkan Kompetensi Akademik Mahasiswa PAI Melalui Pelatihan Makalah, Power Point dan Presentasi”. Pelatihan ini merupakan kali kedua, selepas workshop yang dilakukan pada awal bulan April lalu.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu progam kerja dari Divisi Advokasi HMJ PAI periode 2019. Bertempat di Gedung N4 UIN Walisongo Semarang. Target akan diikuti oleh lima puluh mahasiswa dari jurusan PAI. Panitia menghadirkan pemateri dari senior PAI, diantaranya Arfian Hidayat, Mimin Labiqotin Nahiroh, dan Kusmiati.

Alwan selaku ketua panitia menjelaskan, acara pelatihan keakademikan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa PAI bagaimana membuat makalah dan Power Point dengan baik dan benar.

Ia juga berpendapat, “Ketika makalah, presentasi dan power point berhasil disuguhkan dengan baik, otomatis audien itu bisa paham dan menikmati materi yang di sampaikan,” terang Alwan. Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa bisa mengimplementasikan dengan baik ketika membuat makalah dan power point serta mempresentasikan dengan benar.

Adapun materi yang disuguhkan dalam pelatihan ini ada tiga bab. Pertama, Mimin menyampaikan terkait Sistematika Pembuatan Makalah. Kedua, Arfian mengajarkan bagaimana membuat media pembelajaran menggunakan power point yang menarik dan Kusmiati menerangkan terkait teknik presentasi.

Salah satu perserta pelatihan mengungkapkan,” Acara ini bisa menjadi pembelajaran, terutama untuk semester muda yang masih awam dengan makalah,” ujar Novianto. Mahasiswa yamg sudah menginjak semester dua tersebut juga berharap HMJ PAI lebih memfokuskan kegiatan-kegiatan yang memang di butuhkan oleh mahasiswa PAI, bukan acara yang bersifat hiburan. Tapi acara yang memang bisa bermanfaat untuk mahaiswa PAI sendiri. (Edu/On_Nu)

Posting Komentar

0 Komentar