Edukasi AI dalam Karya Ilmiah: Andi Prastowo Paparkan Penggunaan AI secara Beretika

Dokumentasi pelatihan
SEMARANG, lpmedukasi.com - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan acara pelatihan artikel. Acara ini bertujuan untuk membantu dalam kepenulisan artikel yang terakreditasi nasional maupun internasional. Acara yang diadakan di Gedung Teater PTIPD Kampus 3 UIN Walisongo Semarang dihadiri oleh mahasiswa dan perwakilan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa/Unit Kegiatan Khusus (UKM/UKK) FITK, Jum’at (03/05/2024).

Andi selaku dosen S2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengatakan bahwa Artificial Intelligence (AI) harus digunakan sebaik mungkin agar mampu membantu dalam kepenulisan artikel.

“Pendidikan harus merangkul AI. Jangan jadikan AI sebagai musuh yang berbahaya bagi kita. Kita sebagai mahasiswa harus bisa menggunakan AI secara beretika,” ucapnya.

Maurenza selaku mahasiswa FITK mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat membantu mahasiswa dalam pembuatan artikel dan tugas perkuliahan.

“AI mempunyai banyak manfaat dalam menyelesaikan tugas artikel atau jurnal ilmiah. Namun, AI seperti pisau bermata dua, bisa bermanfaat atau justru sebaliknya. Oleh karena itu, edukasi dalam penggunaan AI perlu dilakukan,” ungkapnya.

Rifqi selaku ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Studi Bahasa (LSB), juga menyatakan sangat mendukung acara ini.

“Kita dapat memanfaatkan AI atau Chat GPT dalam membuat artikel sesuai etika penggunaan AI. Oleh karena itu, adanya pelatihan ini sangat bermanfaat untuk lingkup universitas. Selain itu, perlu dilakukan tindak lanjut terkait edukasi AI,” pungkasnya.


Reporter: Fatih (Kru Magang 23)

Editor: Sekar 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak