Tekankan Pentingnya Agama dan Teknologi dalam Pengembangan Karakter, HMJ PGMI Gelar Seminar Internasional

 

Dok. LPM Edukasi (Indira)

Semarang, lpmedukasi.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMJ-PGMI) UIN Walisongo Semarang menggelar seminar internasional  dengan tema “The Role of Religion and Technology in Growing Character in The Digital Era” di Gedung teater Sahal Mahfud kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Selasa (04/04/2023). 

Rieke Aurelia Azmi selaku ketua panitia mengungkapkan, kegiatan ini merupakan pembukaan dari serangkaian harlah PGMI ke-16 yang akan diadakan dari bulan April sampai bulan Juni. Adapun tujuan khususnya, yaitu memperkenalkan PGMI pada kancah nasional maupun internasional. 

Acara ini dihadiri oleh Syekh Muhammad Athif Iwadh Ramadhan Al-Misyry dan Hamidullah Ibda sebagai pemateri, serta Muhammad Fahrun Nadhif sebagai penerjemah.

Syekh Muhammad Athif dalam pemaparannya menuturkan bahwa sebagai seorang Muslim tidak hanya ilmu agama yang harus didalami, tetapi pengetahuan teknologi juga sangat penting di era globalisasi ini.

“Islam tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi juga mengajarkan kemajuan teknologi yang digunakan. Juga bermanfaat untuk diri sendiri maupun masyarakat,” tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa, pendidikan teknologi sangat berperan dalam pembentukan karakter seseorang, tetapi harus diimbangi dengan ilmu agama.

“Peran pendidikan dan teknologi berperan dalam pembentukan karakter seorang muslim, akal pemikiran harus sesuai dengan agama, kalau akal tidak dipakai akan menimbulkan hawa nafsu saja,” pungkasnya.

Seperti yang disampaikan oleh Syekh Muhammad Athif, Hamidullah Ibda juga menyampaikan bahwa antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan itu harus seimbang karena memiliki hubungan yang erat diantara keduanya.

“Agama tanpa ilmu pengetahuan itu bagaikan orang yang lumpuh dan ilmu agama tanpa ilmu pengetahuan bagaikan orang yang buta,” pungkasnya.

Penulis : Meutia dan Indira ( Kru Magang 22 ) 

Editor : Sekar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak