Pentingnya Jurnalisme Data dalam Ilmu Jurnalistik

 

Dok. LPM Edukasi

Semarang, lpmedukasi.com- REDAXI bekerja sama dengan MyAmerica Jakarta dan American Corner Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Lokakarya secara hybrid dengan mengusung tema "Pemanfaatan Jurnalisme Data untuk Mengurangi Ujaran Kebencian dan Intoleransi di Pemilu 2024". American Corner UIN Walisongo Semarang Gedung Perpustakaan Lama menjadi salah satu tempat diselenggarakannya acara, pada Senin (30/01/2023).

Peserta di acara ini sangat berantusias dan aktif bertanya dalam memahami materi yang disampaikan oleh pemateri.

Ketua American Corner UIN Walisongo, Eka Kharisma menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk menjadikan UIN Walisongo yang Go Internasional.

"Tujuan acara ini adalah untuk menjadikan UIN Walisongo yang Go Internasional," ujar Eka.

Pers sekarang sudah menghadapi masa sulit karena terjebak dalam maraknya pusaran hoax. Data MAFINDO tahun 2019 menyebutkan bahwa ada ribuan hoax yang tersebar.

Manajer Data Journalist di Katadata, Aria Wiratma Yudhistira yang mengungkapkan bahwa jurnalisme data semakin lama semakin dikenal karena adanya perkembangan teknologi.

"Jurnalisme Data semakin dikenal karena adanya data yang diikuti perkembangan teknologi. Adanya jurnalisme data karena data yang semakin dibutuhkan," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa media saat ini bersaing dengan para pembuat konten kreator sehingga tugas jurnalisme data yaitu memverifikasi data berdasarkan fakta.

Reporter: Agustin
Editor: Udin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak