Education Festival Resmi dibuka, diawali dengan Webinar Nasional

Dok. Catur

Semarang,  lpm edukasi: Tepat tanggal 5 juli 2021, Education Festival resmi dibuka. Education Festival atau EduFest diawali dengan Webinar. Yang mengangkat tema "Arah Gerak Pendidikan dan Kepemimpinan dalam Berkompeten dan Berintegritas."

Webinar kali ini menghadirkan 2 pemateri yaitu M. Andi Hakim, S.Pd., M.Hum. sebagai Direktur Pendidikan Pesantren Al-Masniyah serta Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Ir. Sujanarko, M.Eng. sebagai mantan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK. 

Dalam pembukaan webinar tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang, mengatakan tema yang diangkat sangat bagus dan menarik.

"Sebab, sekarang ini tidak hanya membutuhkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang berkompeten dalam bidangnya. Tetapi juga memiliki integritas." Ucapan Angkat Anis Ma'sumah.

Sementara itu, Tommy selaku ketua pelaksana ketika dihubungi tim LPM Edukasi mengatakan bahwa alasan diadakannya EduFest adalah DEMA FITK ingin membuat sebuah acara yang melibatkan seluruh lembaga baik HMJ maupun UKM yang berada di ruang lingkup FITK, dan EduFest ini adalah untuk mencari bakat bakat mahasiswa di seluruh indonesia, khususnya mahasiswa PTKIN seluruh indonesia.

“Selain itu, untuk menunjukan eksistensi DEMA FITK dalam melaksanakan kegiatan yang bertaraf nasional. Karena sebelumnya lomba seperti ini hanya dilakukan secara mandiri oleh ukm dan hmj masing-masing dan itupun hanya lingkup jateng dan DIY.” Ungkap Tommy.

Diakhir wawancara Tommy berharap dengan EduFest ini eksistensi DEMA dalam kegiatan nasional yang baik, kerja sama dan chemistry antara DEMA, HMJ Maupun UKM akan semakin erat, sehingga kedepan dapat membawa nama UIN Walisongo khususnya Fakultas Tarbiyah tidak hanya di kancah nasional, tetapi juga internasional. 

“Dan tentu saja harapan saya dengan edufest ini dapat memfasilitasi bakat - bakat dari mahasiswa seluruh Indonesia.” Lanjut Tommy.

Adapun festival yang diadakan pada tanggal 5 – 10 Juli memiliki 9 Cabang perlombaan yaitu: 

1. Musabaqoh tilawatil qur'an (MTQ) 

2. Cipta karya kreasi cerpen

3. Munadharoh /debat bahasa arab  

4. Lomba bicara Walisongo

5. Dai      

6. Cerita bergambar

7. Film pendek

8. Musabaqoh qiraatil kutub (MQK)

9. Debat manajemen pendidikan


Penulis : Catur

Editor : Risma Ri 

Posting Komentar

0 Komentar