PBAK Hari Kedua: UIN Walisongo akan Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Dok. Edu/Mega



Semarang, lpmedukasi.com- Hari kedua Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus (PBAK) diselenggarakan pada Selasa (8/9).  Acara dimulai pukul 07.30 WIB diawali sambutan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Lift Anis Ma'shumah menegaskan bahwa dalam PBAK Online ini, Generasi Walisongo (Genwa) 2020 akan diperkenalkan mengenai FITK dan lembaga mahasiswa.

“PBAK Online ini kalian akan dikenalkan lebih dalam mengenai Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, jurusan dan lembaga mahasiwa,” jelasnya.

Usai sambutan dilanjutkan dengan materi “Mengenal Dunia Kampus” yang disampaikan Mahfud Junaidi.
  
Ia memaparkan ada enam jurusan yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), serta Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

“Di FITK ada enam jurusan yang sudah terakreditasi, 4 jurusan terakreditasi A dan 2 jurusan yang terakreditasi B,” paparnya.

Mahfud juga mengatakan ada kurikulum baru yang akan diterapkan. “Kami sedang mempersiapkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2020 atau bisa disebut kampus merdeka dan merdeka belajar," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa kurikulum ini berbeda dari sebelumnya. "Kurikulum sebelumnya, mahasiswa hanya bisa belajar sesuai jurusannya, di kurikulum baru nantinya mahasiswa bisa belajar di jurusan lain."

Selain itu, mahasiswa juga bisa belajar di luar kampus. "Selain belajar di dalam Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, nantinya, mahasiswa bisa juga belajar di Universitas Negeri Semarang (UNNES), UIN Sunan Kalijaga, atau jika siap bisa belajar ke luar negeri," jelasnya.

Kurikulum ini akan segera diterapkan setelah semuanya siap dan matang. "Ini masih dalam proses penggodokan dari kami di FITK dan fakultas lain agar dapat segera diterapkan di UIN Walisongo Semarang," harapnya.

Penulis    : Mega
Editor      : Agung

Posting Komentar

0 Komentar