Pendaftaran UTBK Dibuka Hari Ini

Dok. Tirto

Semarang, lpmedukasi.com - Menjelang berakhirnya tahun ajaran (SMA/MA/SMK) dan sederajat ditahun ini. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 30 Maret 2020.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Tes ini digunakan sebagai syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Dilansir dari ltmpt.ac.id, UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

Pembukaan pendaftaran UTBK pada hari ini, tanggal 30 Maret 2020. Pendaftaran ini berlangsung hingga 12 hari kedepan, yakni 11 Maret 2020.

Pendaftaran dapat dilakukan oleh tiap individu yang sesuai dengan ketentuan umum di atas di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Berikut ini tahapan melakukan pendaftaran UTBK :

Tahapan mengikuti UTBK adalah sebagai berikut:

Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.


  1. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. 
  2. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata. 
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK. 
  4. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  5.  Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. 
  6. Melakukan login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK. 
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Penulis: Udin
Editor: Agung

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak