Dosen UIN Walisongo Syamsul Ma'arif Dilantik Jadi Kepala FKPT Jawa Tengah.

Dok. Istimewa.

Salah satu kepanjangan tangan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mencegah terorisme dan radikalisme yang berbasis kekuatan masyarakat. Yang di kenal dengan sebutan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT). Pada senin (17/2) jajaran kepengurusan periode 2020-2022 resmi dilantik oleh kepala BNPT Komjenpol Suhardi Alius di Hotel Mercure, Jakarta.
FKPT adalah forum yang ada di setiap provinsi di Indonesia.
Untuk provinsi Jawa Tengah ditunjuk sebagai ketua adalah Syamsul Ma'arif.
Syamsul Ma'arif yg juga sebagai dosen dan guru besar ilmu pendidikan islam UIN Walisongo itu menyatakan komitmennya untuk memimpin FKPT menjadi lembaga yg berkintribusi menangkal paham radikalisme dan terorisme.
Dalam sambutannya salah satu cara yang akan ia gunakan untuk menangkal paham-pahan yang radikal dan intoleran yaitu dengan kearifan lokal yang ada di Jawa Tengah.
"Kita akan mendorong seluruh elemen untuk aktif melestarikan kearifan lokal yang sudah terbukti efektif memberikan dampak positif bagi rasa toleransi, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan Indonesia serta mampu menangkal paham intoleran, radikal dan terosrisme." Tutur Syamsul dalam keterangan tertulis.
Dan dalam upaya untuk mencegah terorisme dan radikalisme itu Syamsul akan mengajak seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah.
"Ke depan FKPT Jateng akan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam mencegah dan melawan extrimisme dan terorisme. Karena keduanya adalah kejahatan kemanusiaan yang luar biasa." Tandas Syamsul.
Untuk diketahui, kepala BNPT Komjenpol Su Hbhardi Alius juga melantik 31 kepala FKPT selain Syamsul Ma'arif.

Posting Komentar

0 Komentar