Imam Taufiq Resmi Dilantik Menjadi Rektor UIN Walisongo Periode 2019-2023

Doc. Humas Walisongo / Terlihat Imam Taufiq bersama dua rektor lainnya sedang di lantik


Semarang, EdukasiOnline-Prof. Dr. Imam Taufiq, M. Ag resmi dilantik menjadi rektor UIN Walisongo periode 2019-2023. Pelantikan ini berlangsung di Operation Room Kemenag RI,  Jalan Lapangan Banteng Barat 3/4 Jakarta Pusat pada selasa (23/7). Lukman Hakim Saifuddin, selaku menteri agama melantiknya secara langsung.

Rektor baru yang telah terpilih secara resmi telah menggantikan Muhibbin, yang telah habis masa jabatannya. Pelantikan ini tidak hanya dilaksanakan oleh UIN Walisongo, namun pihak menteru agama melantik Prof. Dr. Hamdan Juhanis, MA sebagai Rektor Alauddin Makasar dan Prof.Dr. Mahmud, MSi sebagai Rektor UIN Sunan Gunungjati Bandung.

Lukman Hakim dalam pidatonya memberi pesan, mengenai jabatan baru yang diemban.
“Jabatan hakekatnya tidak sekadar kepercayaan melainkan kehormatan. Saudara adalah pimpinan tertinggi di perguruan tinggi kegaaman negeri. Saudara menjadi rujukan, acuan dan teladan bagi seluruh PTKIN yang ada di Indonesia,” katanya

Selain itu, Lukman juga memberikan pesan kepada para Rektor agar memahami eksistensi keberadaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Seperti yang kita tahu, PTKIN Indonesia adalah lembaga pendidikan Islam yang tertinggi dan mengawal agar bangsa yang sangat besar ini senantiasa terjaga dan terpelihara, khususnya terkait pemahaman keislaman maupun dalam bentuk pengamalan ajaran agama Islam.

“Perguruan tinggi keagamaan harus menjaga Indonesia yang agamis dengan jalur moderat atau wasathiyyah”, tegasnya. Kampus agama, lanjutnya, tidak boleh lepas dari lima budaya kerja Kementrian Agama (Kemenag), yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan

Sebelum menjabat menjadi rektor UIN walisongo, Imam Taufiq pernah menjabat posisi strategis. Yakni Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. Selain itu, beliau juga aktif sebagai Sekretaris MUI Jateng 2015-sekarang, Sekretaris IPHI Jateng 2018-sekarang, Wakil Katib Syuriyah PWNU Jateng 2014-2018 dan Wakil Sekretaris PMII Korcab Jateng 1997-1999.

Pada akhir pidato,  Lukman berharap agar sinergisitas kampus dengan alumni semakin baik dan menjadikan kampus UIN Walisongo sebagai kampus riset yang maju. (Edu_FR)

Posting Komentar

0 Komentar