2.434 Calon Mahasiswa UIN Walisongo, Lakukan Verifikasi Data

Doc. Edukasi/ Terlihat saat tim verifikator melakukan verifikasi data kepada calon mahasiswa baru


Semarang, EdukasiOnline-UIN Walisongo telah melaksanakan verifikasi jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (UM-PTKIN). Verifikasi ini dilaksanakan pada tanggal 15-19 Juli 2019, bertempat di Gedung Kopertais Kampus I.

Setelah melalui proses yang panjang,  sebanyak 2.434 mahasiswa telah diterima di delapan fakultas yang ada di UIN Walisongo. Yakni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Sains dan Teknologi (FST),  Fakultas Dakwah dab Komunikasi (FDK),  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI),  Fakultas Ushuludin dan Humaniora (FUH),  Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP),  Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK),  dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Sejumlah alur registrasi harus dilalui oleh calon mahasiswa baru. Verifikasi ini merupakan tahapan terakhir yang akan dilalui mereka.

Tahapan verifikasi yang harus dilalui ada beberapa, yakni calon mahasiswa baru harus membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) terlebih dahulu, kemudian melakukan tes kesehatan di poliklinik Walisongo dan yang terakhir yakni verifikasi data.

Adapun, berkas verifikasi data yang harus di lampirkan yakni fotocopy Kartu Keluarga (KK),  rekening listrik selama tiga bulan terakhir, surat keterangan penghasilan orang tua,  pas foto 3 x 4, surat keterangan rata-rata belanja per bulan,  surat keterangan sehat dari Poliklinik Walisongo, surat keterangan ijazah terakhir yang sudah di legalisir dan juga surat fotocopy kartu JKN atau surat pernyataan.

Ahmad Fatoni selaku kasubag Administrasi mengungkapkan, "Dilantai satu terdapat 10 tim verifikator yang diambil dari mahasiswa yang mendapatkan bidikmisi," terangnya.  Kemudian beliau menambahkan bahwa di lantai dua Kopertais terdapat dua stand, yakni dari Bank BRI syariah dan foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) . Calon mahasiswa baru akan diarahkan untuk membuka rekening baru, kemudian melakukan foto untuk kartu tanda mahasiswa.

Apabila calon mahasiswa sudah melakukan tahapan tersebut, maka mereka akan mendapatkan kartu mahasiswa sementara. Berupa kertas berwarna, yang dicetak dengan keterangan nama, nim dan jurusan serta fakultasnya. Sekaligus diberikan pengguna dan password untuk mengakses laman http://walisiadik.walisongo.ac.id.

Linda Putri Utami, salah satu mahasiswa yang melakukan verifikasi mengungkapkan,"Alhamdulillah mbak, tidak ada kendala dalam verifikasi ini. Verifikatornya ramah-ramah kok orangnya, " ucapnya.

Verifikasi ini akan berlangsung selama hari. Tim redaksi menanyakan terkait kendala dari proses verifikasi ini, Ulul Albab salah tim verifikator menjawab,  "Alhamdulillah, kendalanya tidak terlalu besar. Mungkin hanya sambungan ke internet yang terkadang susah," tandasnya. (Edu_On/FR)








Posting Komentar

0 Komentar