DEMA FITK Bekali Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Dengan Kegiatan Serial Executive Event

Dok. Panitia

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (DEMA FITK) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, menyelenggarakan kegiatan Serial Executive Event dengan tema  “Eksekutor muda : Bersatu, Berpadu dan Bermutu” pada (04/10/2021).  Kegiatan Serial Executive Event digelar selama 4 hari mulai Senin-Rabu mendatang. Kegiatan tersebut digelar secara luring dengan peserta terbatas di Gedung Auditorium I, Kampus I UIN Walisongo Semarang. 

Dalam rangkaian Serial Executive Event terdapat 4 materi pokok yang akan disampaikan selama tiga hari dengan delapan pemateri. Di antara materi tersebut ialah Dialog Kepemimpinan, Workshop Media, Kelas Sosial dan Politik, serta Workshop kepenulisan dan Studi Komparatif. 

Pada Kegiatan Serial Executive Event, Wakil Dekan III Prof. Dr. Muslih, M.A. hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Muslih, M.A. menegaskan bahwasannya mahasiswa harus maju dan canggih. Pada masa pandemi, hal-hal dalam pendidikan yang tidak terpikirkan di satu setengah tahun lalu di hari ini terjadi. Contohnya terdapat pada  lompatan dunia digital pada bidang pendidikan di mana guru harus mampu untuk menjadi artis di depan kamera.

Pada Dialog Kepemimpinan di hari pertama, materi diantarkan oleh dua pemateri yaitu Zulfa Annisa, S.Pd. (Antropologi Kampus) dan Ahmad Sajidin, S.Pd. (Kepemimpinan). 

“Kami dari panitia mengaku kesulitan dari segi pemanfaatan SDM (Pengurus Dema FITK) karena terbentur sedikitnya anggota pengurus yang menetap di Semarang sebagai akibat pandemi. Namun demikian, seluruh panitia tetap mendukung keberlangsungan acara dengan membantu pekerjaan yang mungkin dilakukan secara daring”,  tutur Ketua Panitia Serial Executive Event, Haikalul Azizi Elmaz. 

Haikal juga menjelaskan bahwasannya dalam pelaksanaan kegiatan secara luring, kampus sangat membatasi adanya kegiatan seperti demikian. Pihak kampus mensyaratkan untuk wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menghadirkan delegasi Lembga Eksekutif fan Legislatif sejumlah 30 orang saja, antar peserta di dalam ruangan harus berjarak 1 meter, dan wajib mengenakan masker. 

“Kegiatan Serial Executive Event dikhusukan untuk membekali pengurus HMJ dan UKM yang nantinya akan segera memegang tongkat estafet kepemimpinan dalam lemaga terkait. Jadi, kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali mereka karena dari segi materinyapun tidak hanya terdapat materi kepemimpinan, tetapi juga terdapat materi media, sosial dan politik, serta workshop kepenulisan”. Tutur Presiden Dema FITK, Prianik Anjar Wati dalam menjelaskan latar belakang diadakannya kegiatan tersebut.  

Reporter: Hanif

Editor     : Risma

Posting Komentar

0 Komentar