Siap Wujudkan Kampus Hijau, Penerima Bidikmisi 2019 Tanam 300 Pohon



Doc. Edukasi/ Yulia


Semarang, EdukasiOnline—Sebanyak 263 peserta yang dinyatakan lolos sebagai penerima bidikmisi siap mewujudkan UIN Walisongo sebagai kampus hijau yang asri dan nyaman. Hal tersebut sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq.

Dalam sambutannya dalam acara pengarahan, ia meyampaikan bahwa seluruh penerima bidikmisi akan melakukan penanaman 300 pohon di kampus UIN Walisongo.
"Penanaman 300 pohon di area kampus UIN ini dipilih karena selain terdapat lahan yang dapat digunakan untuk ditanami, yaitu untuk mewujudkan kampus hijau yang asri dan nyaman," tuturnya pada selasa siang (3/12) di Semarang.

Selain itu, penanaman pohon ini dijadikan sebuah kenang-kenangan karena bidik misi tahun ini merupakan bidik misi yang terkahir di UIN Walisongo, lanjutnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada hari Jum’at (6/12) diadakan upacara pembukaan penanaman 300 pohon buah di Gedung Rektorat Baru Kampus 3 UIN Walisngo dengan mengabil tema “Bakti Mahasiswa Bidikmisi 2019 untuk Hijau Kampusku UIN Walisongo “.

Setelah acara pembukaan tersebut, dilanjutkan dengan penanaman pohon buah di fakultas masing-masing peserta. 300 pohon buat tersebut diantaranya terdapat pohon mangga arum manis,  manga madu, pohon durian dan pohon matoa. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Setiap pohon yang ditanam, dapat diberi nama seperti nama penanamnya. Pemberian nama tersebut diadakan karena, selain sebagai bentuk kenang-kenangan, yaitu sebagai bentuk pendidikan tanggung jawab dan cinta terhadap alam sekitar. Hal tersebut diungkapkan oleh Ali Murtadho, selaku Wakil Rektor 3 Bagian Kemahasiswaan.

Mahasiswa bidikmisi dapat senantiasa merawat pohonnya tersebut dan menjaganya sebaik mungkin. Selain itu, pemberian nama tersebut akan memunculkan rasa peduli, agar pohon yang di tanam dapat tumbuh dengan subur.

Naisa mahasiswi Jurusan PGMI yang ditemui kru LPM Edukasi di belakang dekanat FITK setelah menanam pohon buah, ia sangat mendukung kegiatan ini.
“Saya sangat mendukung kegiatan penanam pohon ini, karena dengan diadakan penanaman pohon buah ini akan benar-benar dapat mendukung dan mewujudkan kampus UIN Walisongo menjadi kampus hijau. Apalagi pohon buah ini akan sangat bermanfaat kedepanya,” jelasnya.

Tanggapan Naisa tersebut didukung oleh Ahmad Nur Walidi, ketua koordinir bidikmisi FITK angkatan 2019. Mahasiswa bertubuh tinggi itu berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap yang positif bagi seluruh mahasiswa.
"Semoga kedepannya diadakan kegiatan lanjutan  agar peserta bidikmisi ini mempunyai kegiatan yang senantiasa bermanfaat," tandasnya.

Reporter : Yulia Mayasari
Penulis : Yulia Mayasari
Editor : Fatimatur R. 

Posting Komentar

0 Komentar