Pilu Membiru


Doc. Internet / Channel Youtube Kunto Aji
 


Apakah ada orang yang selama ini menopang kamu 
Sehingga kamu bisa terus berjalan
atau
istilahnya support sistem atau lingkar pertemanan
yang menopang kamu sehingga kamu bisa tabah

Petikan kalimat ini merupakan salah satu narasi yang disampaikan Kunto Aji lewat lagu terbarunya, Pilu Membiru. Dirilis pada hari Rabu (13/11), dalam album Mantra Mantra. Lagu ini mampu membius penonton dan pendengar, bahkan sampai saat ini sudah ditonton sampai 3,7 juta kali. 

Kunto Aji ingin mengajak pendengar untuk ikut larut di dalamnya. Bagaimana tidak, awalan video musik ini sudah sangat kental dengan perasaan lara.  Diawali dengan adegan tiga orang yang datang ke dalam suatu ruangan secara bergantian. Orang itu adalah Dede Yulia, Natasha Hangraini, dan Rama Faishal. Mereka bertiga tak lain adalah penggemar Kunto Aji, yang dirasa punya keterhubungan dengan lagu Pilu Membiru.

Dalam satu ruangan itu, terjadi percakapan. Kunto mengajak Adjie Santosoputro sebagai praktisi yang bisa memulihkan batin. Mereka bertiga menceritakan segala keluh kesahnya. Dede menceritakan kisahnya yang lara, waktu yang tak pernah berpihak padanya untuk bertemu dengan sosok ibunya. Natasha yang merasa sangat kesepian, dan Rama yang bercerita tentang kepergian kekasihnya saat musibah tsunami di Tanjung Lesung, Banten.

Setelah percakapan itu selesai, Adjie menutup mata mereka dengan kain hitam. Kemudian membuka sekat ruangan. Lalu membuka kembali kain penutup itu. Nampak di depannya ada sosok lelaki yang berkacamata, yakni Kunto Aji bersama tim lainnya sudah memegang alat musik, gitar, biola dan lainnya, lalu menyanyikan lagu Pilu Membiru. 

Akhirnya aku lihat lagi
Sederhana tanpa banyak celah
Wangimu
Berlalu
Akhirnya aku lihat lagi
Jemarimu yang bergerak bebas
Seiring
Tawamu

Petikan awal lagu milik lelaki berkacamata itu menggambarkan satu perasaan rindu, untuk melihat orang yang disayangi. Namun orang- orang itu sudah tiada. 

Doc. Internet / Channel Youtube Kunto Aji


Video ini disajikan dengan tampilan hitam putih semua. Dengan tambahan alunan biola dan visualisasi yang semakin menambah syahdu dalam lagu ini. Kesan syahdu dipertajam oleh narasi yang diselipkan di antara lagu, serta tampilan foto-foto pribadi para pencerita yang mengundang senyum dan tangis di saat bersamaan.

"Masih banyak yang belum sempat, masih banyak yang belum sempat aku sampaikan padamu," nyanyi Kunto, sementara kamera mengambil ekspresi penuh emosi para pencerita.

Di menit- menit terakhir, terdengar narasi yang dibacakan oleh Najwa Shihab, Nadin Amizah dan Iqbal Ramadhan. 

Lewat lagu ini ada beberapa hal yang ingin disampaikan oleh Kunto Aji. Bahwa dengan musik, mampu mengobati rasa luka. Pengemasan video yang begitu apik juga sangat kentara dalam video musik ini. Musik dan teknologi bisa dipadu padankan, untuk menyampaikan perasaan.

Judul Lagu : Pilu Membiru
Penulis lagu : Kunto Aji
Rekaman : AMP Studio
Tanggal Rilis : 14 September 2018
Album : Mantra Mantra
Resentator : Fatimatur Rohmah

Posting Komentar

0 Komentar