Tanggapan Direktur Amnesty International Indonesia Terhadap Insiden Mahasiswa Papua

Doc. Edukasi-Agung/ Usman Hamid selaku direktur Amnesty Internasional sedang berorasi ilmiah


Semarang, EdukasiOnline-Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) berlangsung pada selasa pagi, (20/8). Bertempat di lapangan utama kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Dimeriahkan dengan adanya sebuah orasi ilmiah oleh bapak Utsman Hamid S.H. direktur Amnesty International Indonesia.

Beliau membawakan sebuah orasi dengan judul "Membentuk Karakter yang Berkeadilan dan Menjunjung Tinggi Kemanusian". Yang merupakan sebuah refleksi atas insiden yang baru baru ini menimpa mahasiswa asal papua yang menajalankan study di surabaya.

Dalam orasinya beliau menyampaikan pentingnya pendidikan karakter yang berpengetahuan luas sehinga tidak terjebak dalam dogma yang memecah belah masyarakat.

Ketika kami mewawancarai terkait permasalahan insiden yang baru saja menyudutkan orang papua, beliau memberikan beberapa refleksi, beliau mengatakan "hemat saya, ada 3 aspek yang harus di perbaiki oleh warga negara indonesia saat ini,
Yang pertama adalah perbaikan sistem hukum yang berlaku. Yang kedua adalah paradigma masyarakat yang harus dibebaskan dari dogma dogma yang memecah belah. Dan yang terakhir adalah sikap menghilangkan sikap suka berbaku tangan(berkelahi)."

Terakhir dalam wawancara beliau memberikan sebuah pesan bahwa hak asasi manusia (HAM) berasal dari sikap sensitif terdalam diri terhadap orang lain.

Reporter : Wildan Assegaf
Penulis : Wildan Assegaf
Editor : Fatimatur Rohmah

Posting Komentar

0 Komentar