Dok. Zam/Edukasi

Semarang, EdukasiOnline —Pelantikan dan Sarasehan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)  dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) berlangsung cukup meriah. Mengenakan jas almamater kampus, para peserta pelantikan berikrar bersama untuk mengemban amanah demi memajukan FITK di tahun 2019.

Seusai pelantikan, diadakan sarasehan. Mengusung tema “Rekonstruksi Spirit Keorganisasian Mahasiswa Guna Menyongsong Lembaga Eksekutif yang Lebih Baik”, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kota Semarang, Djati Prijono dan Wakil Ketua ISNU Semarang, Ahmad Rouf didapuk sebagai narasumber.

Melihat perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih, Djati Prijono memaparkan apa saja yang mampu para pemuda dan mahasiswa lakukan untuk menghadapi era modernitas saat ini. Contoh salah satunya adalah menggunakan teknologi sebaik mungkin. 

Lelaki yang sering disapa Pak Djati tersebut juga mengungkapkan bahwa pemuda mempunyai peran penting dalam negara ini. Karena pemuda merupakan tonggak yang kuat dalam memimpin negara. "Negeri ini tergantung pada pundak para pemuda, dan kalian juga sebagai tonggak pemimpin yang paling kuat," ujar Djati dengan suara keras tanpa menghilangkan sikap wibawa. 

Ia pun menuturkan bahwa negara Indonesia dapat maju jika pemudanya “menguasai ilmu teknologi dan  menguasai bahasa Inggris. Dan juga pemuda mampu mengendalikan teknologi yang yang telah berkembang pesat serta selalu membangun character building," tambah Djati dengan suara lantang. Sebelum menutup materinya, ia berpesan bahwa pemuda harus selalu mawas diri dan selektif dalam segala hal. 

Sedangkan narasumber lain, Ahmad Rouf dalam kesempatan ini lebih menyoroti bagaimana pengurus baru lembaga mahasiswa menjalankan roda keorganisasian. Rouf, sapaan akrabnya, menyarankan kepada kepengurusan baru untuk menjalankan apapun yang bisa dilakukan. “Jalankanlah apa yang kamu bisa lakukan, jalankanlah kewajibanmu sebisa-bisanya,” ujarnya.

Pelantikan dan sarasehan ini bertempat di Auditorium 1 kampus I UIN Walisongo Semarang, pada Senin (11/02) yang dihadiri sekitar 300 mahasiswa. (EduOn/Zam)

Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Edukasi Online

Post A Comment: