Belajar Arti Persahabatan dari Ron

Dok. Google

 

Ron's Gone Wrong adalah film besutan Disney. Film ini merupakan film animasi bergenre komedi fiksi ilmiah. Film yang disutradarai oleh Jean-Philippe Vine dan Sarah Smith ini merupakan hasil kolaborasi antara Locksmith Animation dan 20th Century Studios. Film ini mulai penayangan di Amerika Serikat pada Oktober 2021, sedangkan mulai tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 31 Desember 2021 bersamaan tahun baru.

Film yang digarap selama masa pandemi ini sangat menarik, karena secara tidak langsung berhubungan dengan gaya hidup selama pandemi yang sangat lekat dengan smartphone atau piranti elektronik lainnya. Dalam Virtual Press Conferences Ron's Gone Wrong, Sarah menjelaskan ketertarikannya terhadap hubungan manusia dan teknologi yang secara masif mereka pakai.

Robot berbentuk kapsul atau yang disebut dengan B-Bot (Bubble Bot) merupakan teknologi termutakhir yang menggabungkan kemampuan tablet, ponsel, dan jam tangan menjadi sebuah algoritma sempurna dengan slogan "Best Friend out of the Box". 

B-Bot mengambil posisi penting dalam film Ron's Gone Wrong, di mana konflik dimainkan oleh karakter ini. B-Bot telah dilengkapi sistem Artificial Intelligence (AI), yang dapat menjadikannya sebagai teman sekaligus perantara yang sangat canggih untuk bersosial dan menghubungkan penggunanya dengan seluruh orang di dunia dengan mudah. Yang luar biasa B-Bot secara otomatis dapat melakukan itu semua tanpa diberi perintah oleh penggunanya. Dan yang terakhir B-Bot dapat memahami seluruh kebiasaan penggunanya yang sudah di setting di dalam kode B-Bot sedari awal.

Beralih kepada tokoh utama di film ini, Barney yang terasing dari pergaulan  dan menjadi bahan bulian di antara teman-temannya. Harga B-Bot yang terlalu mahal, tidak dapat ia beli secara mudah. Melainkan harus melewati pergulatan batin yang begitu panjang. Hingga akhirnya B-Bot dapat menjadi hadiah di ulang tahunnya.

Ron(B-Bot Barney) terlihat berbeda dari B-Bot umumnya, ia memiliki skin tak terbatas. Sedangkan miliknya hanya berwarna putih bersih, dan sedikit retakan di cangkangnya--bahkan Ron mendapat julukan 'Talanjang' karena tidak memiliki skin sama sekali. Hal ini menyebabkan Barney lebih memilih untuk membiarkan Ron di rumah, hingga ia selesai memperbaiki malfungsi pada Ron. 

Ditengok kebelakang, Ron merupakan B-Bot bekas, retakan cangkangnya dikarenakan kecelakaan. Di saat terdesak pada hari ulang tahun Barney, Ron dicuri oleh ayah Barney dari pegawai toko B-Bot karena toko tersebut sudah tutup dan perlu 3 bulan untuk memesan B-Bot. Hal itu yang menyebabkan Ron mengalami malfungsi, tak memiliki skin, sering eror, dan terbata-bata saat berbicara ataupun mengingat sesuatu.


Entah sebuah kelebihan Ron atau karena erornya sistem, ia menjadi satu-satunya B-Bot yang memiliki emosi. Dapat tertawa, berlawanan pendapat, merasa kasihan, dan membuka sistem keamanan sehingga  dapat membela diri saat terdesak. Juga terdapat kemungkinan lain, bahwa Barney yang mencoba merestart algoritma Ron sehingga keanehan terjadi kepadanya. Jangan menganggap Barney sebagai seorang jenius dan ahli dalam pemrograman. Dia menyusun algoritma itu hanya dengan sticky note yang ditempelkan pada tembok kayu di gudang rumahnya--"How To Be My Friend." Dan Ron menscan algoritma tersebut lalu mengingatnya.

Keanehan tersebut menyebabkan kekacauan kolektif oleh B-Bot, dan menurunkan kepercayaan masyarakat pada robot ini. Sehingga Barney dan Ron menjadi buronan Kantor Pusat Bubble, yang menciptakan B-Bot. Tapi mereka tak menyerah dengan persahabatan yang telah terjalin, dan memutuskan untuk bersembunyi ke hutan belantara di pinggir kota. Tak bertahan lama, Ron akhirnya non aktif karena baterainya melemah. Barney juga harus berkejaran dengan ribuan B-Bot yang tiba-tiba mencari mereka ke tengah hutan pada malam hari, dan Barney hampir pingsan saat terpeleset.

Dengan sisa baterainya, Ron kembali aktif atas instruksi Barney. Tanpa menghiraukan larangan Barney, Ron membawanya keluar dari hutan dan ditemukan oleh teman-teman Barney di sekolah. Setelah Barney sadar dari sakitnya, ia disambut Ron yang telah bertransformasi dengan kode barunya sebagai bentuk apresisasi perusahaan terhadap Barney dan Ron yang mengembalikan citra baik perusahaan dengan aksi heroik mereka berdua. Bukannya senang, Barney membuang Ron dan meminta kode Ron yang lama dikembalikan.

Dari sini, aksi pembajakan perusahaan terjadi. Dengan dibantu Marc, mantan CEO perusahaan yang dikhianati oleh CEO baru. Barney dan teman-temannya menerobos masuk Kantor Pusat Bubble dan menuju ruangan system cloud. Kemudian menemukan kembali kode Ron yang lama. Keduanya sangat senang, namun Ron beralih ke layar hologram sistem B-Bold dan melihat teman-teman Barney yang sedih dihadapan kamera B-Bot. Dari pertengkaran panjang antara Barney dan Ron untuk membiarkan atau membantu teman-temannya. Akhirnya Barney setuju untuk membiarkan kode Ron di-upload ke jaringan B-Bot, dan menjadikan semua B-Bot spesial seperti Ron. Di sinilah film berakhir. Dan Ron merupakan B-Bot pertama dan terakhir milik Barney. Menyisakan label plastik "Best Friend" yang selalu diinginkan Ron untuk melabeli dirinya sendiri.


Peresensi : Udin

Posting Komentar

0 Komentar