Stadium General: Prospek Kerja bagi Lulusan FITK

Dok. Edu/Budi

Semarang, Edukasi Online - Kamis (30/1) FITK selenggarakan Stadium General dalam rangka mengawali perkuliahan semester dua yang diselenggarakan di Audit 1 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang dengan membahas prospek kerja lulusannya.

Diikuti oleh ratusan peserta baik dosen maupun mahasiswa FITK, acara yang mengundang pengajar sekaligus seorang pejabat Provinsi Jawa Tengah, Drs. Imam Maskur, S.I.P, M.Si ini menyampaikan materi yang berjudul "Penguatan Kemandirian di Bidang  Ekonomi bagi Generasi Milenial".

Imam, sebagai Kepala Biro Kesra Jawa Tengah tersebut mengatakan jika ia tidak sembarangan dalam memilih tema untuk diangkat dan didiskusikan dalam acara ini.

“Tema ini saya angkat karena ingin membuka wawasan generasi milenial, khususnya bagi mahasiswa FITK bahwa tidak selamanya lulusannya harus menjadi seorang guru" jelasnya.

Ia juga mengimbuhkan bahwa meskipun ia berlatar belakang pendidikan S1 dan S2 di bidang pendidikan tetapi dapat menjadi pejabat daerah di Jawa Tengah.

“Latar belakang pendidikan saya tidak menghalangi untuk terus maju menyesuaikan perkembangan zaman" ungkapnya.

Ia juga menceritakan bagaimana proses hingga dapat menjadi Kepala Biro Kesra Jawa Tengah.

"Awalnya setelah saya lulus, saya langsung keterima di badan pengawasan keluarga berencana. Lalu, saya menjadi sekretaris camat dan selama delapan tahun menjadi camat di beberapa daerah kabupaten Tegal. Selanjutnya, hingga saat ini saya menjabat sebagai Kepala Biro Kesra Jawa Tengah” jelasnya dengan penuh semangat.

Imam juga melarang jika generasi milenial FITK hanya berfikiran untuk menjadi seorang guru dan  PNS. Generasi muda saat ini harus mampu berwirausaha. Berwirausaha dapat dimulai sejak menjadi mahasiswa sehingga tidak menutup kemungkinan jika lulusan FITK juga dapat unggul dalam berwirausaha.

“Lulusan FITK tidak boleh hanya bercita-cita menjadi seorang guru dan menyandang status PNS. Kita harus mampu menyesuaikan perkembangan zaman dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Saat ini sudah banyak contoh pengusaha sukses dari lulusan FITK” paparnya dengan panjang lebar.

Vinny Kemala salah satu peserta seminar menyatakan bahwa ia senang, karena dapat menambah wawasannya terkait dengan prospek lulusan dari FITK.

“Saya menjadi bersemangat kuliah sambil merintis usaha untuk menunjang masa depan nanti. Saya berharap mampu menjadi seorang pengusaha yang sukses sesuai dengan pemaparan materi hari ini” pungkasnya.

Penulis : Yulia Mayasari
Editor   : Asifa

Posting Komentar

0 Komentar