Adakan Stadium General Untuk Menciptakan Generasi Unggul dan Amanah

Pemateri sedang menyampaikan materinya di acara Stadium General, Kamis (30/01)

Semarang, lpmedukasi.com - Stadium General dengan tema "Pendidikan Karakter Menuju Generasi Unggul dan Amanah", diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Acara berlangsung Kamis (30/1) di Auditorium 1 Kampus I UIN Walisongo Semarang.

Dekan FITK Dr. Hj. Anis Ma'sumah memaparkan dalam sambutannya  bahwa stadium general ini sangat penting diadakan untuk menghadapi era globalisasi.

"Harapan Saya dari adanya acara ini adalah agar mahasiswa FITK tidak kehilangan arah karena zaman semakin maju" ujarnya.

Di sisi lain, Agustami salah satu peserta seminar mengungkapkan acara yang berlangsung tidak sesuai dengan tema. Walau demikian tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti acara tersebut.

"Luar biasa sekali acara hari ini, walaupun pembahasannya di luar judul tapi tetap keren. Tadi pemateri membahas bagaimana cara menjadi mahasiswa yang mandiri dengan rencana kedepan bukan hanya menikah atau kuliah lagi. Namun, mahasiswa harus dapat membuka usaha-usaha. Beliau juga memberikan wadah kepada mahasiswa yang mengalami kendala dalam berwirausaha dan memberitahu bagaimana cara untuk membuka usaha atau bisnis" Ujar Ikbal Agustami selaku peserta sekaligus penanya saat sesi tanya jawab berlangsung.

Drs. Imam Maskur, SIP, MSI. Selaku pemateri dalm seminar terlihat berpenampilan unik dengan memakai pakaian adat Jawa serta belangko.
"Saya memakai baju adat seperti ini karena hari ini adalah hari kamis, dimana sudah menjadi peraturan dari Pemprov Jateng sendiri jika pada hari kamis dalam satu bulan selain bulan minggu ke empat untuk menggunakan  pakaian adat sesuai dengan ciri khas daerah yang sedang dipimpin.

Namun, ketika minggu keempat diperbolehkan menggunakan  pakaian nasional", ujarnya.

Meski keadaaan di dalam gedung kurang kondusif dikarenakan banyaknya peserta yang datang serta pemindahan tempat yang secara mendadak. Lewat pembawaannya yang santai dan mudah dipahami banyak peserta yang ingin bertanya, akan tetapi karena waktunya terbatas sehingga tidak semua peserta yang ingin bertanya terpenuhi keinginannya. Imam Maskur berpesan supaya lulusan FITK tidak hanya menggantungkan keinginan menjadi guru tetapi bisa mempunyai skill kerja apa saja.

"Harapan saya lulusan FITK tidak hanya menjadi guru akan tetapi juga bisa menjadi pengusaha atau birokrat seperti saya. Karena di Indonesia sendiri ada 17,81 juta orang bekerja, 0,78 juta orang menganggur dan 101 ribu orang lulusan  akademik nganggur. Nah untuk memudahkan itu pemprov juga menyediakan hari untuk konsultasi pengujung UMKM. Untuk hari senin jadwal konsultasi Keuangan, hari Selasa Brand dan desain, Hari Rabu Online, Hari Kamis Administrasi, dan Jum'at untuk konsultan umum", terang Drs. Imam Maskur.

Maka dari itu beliau berharap mahasiswa untuk berkembang karena pemerintah pun telah memfasilitasi.


Penulis : Mega, Risma, Yulia
Editor : Fadzlul

Posting Komentar

0 Komentar