Pos Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mahasiswa Dapat Pengaruhi Indonesia dengan Literasi

8/29/2018
Safic Ali saat diwawancarai oleh tim redaksi (Dok. Fatim)


Semarang,EdukasiOnline –Savic Ali, penulis sekaligus founder Islami.co memberikan orasi dengan tema " Mahasiswa dan Literasi; Sinergitas Diskusi dan Aksi" pada penutupan PBAK, Rabu (29/8) bertempat di lapangan kampus III UIN Walisongo. "UIN Walisongo juga bisa mempengaruhi Indonesia", buka Savic dengan bersemangat. Menurut penulis berusia 44 tahun tersebut , mahasiswa dengan tulisan-tulisan yang bagus akan dapat memberikan pengaruh bagi bangsa.

Kemudian Savic menambahkan bahwa membaca dan menulis sudah menjadi kewajiban bagi seorang pencari ilmu. “Membaca menjadikan mahasiswa lebih pintar dan menulis membuat mahasiswa dapat mengungkapkan gagasannya” imbuhnya.  Pria berbaju putih tersebut juga mengatakan bahwa bukan hanya pintar dan berilmu semata tetapi juga bagaimana ilmu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Adanya internet dan perpustakaan online, menurut Savic mampu mempermudah literasi mahasiswa. "Dulu susah kalo mau cari buku, sekarang apapun ada diinternet" tuturnya. Ia juga menyebutkan bahwa untuk saat ini minat baca buku di Indonesia tergolong rendah. "Kalo ukuran dunia, literasi baca buku kita itu rendah" ujarnya ketika diwawancarai salah satu kru Edukasi.

Meski begitu, menurut penulis kelahiran Tayu, Kabupaten Pati tersebut, ukuran literasi tidak bisa diukur hanya dengan baca buku ."Orang mau belajar lewat internet juga menunjukkan peningkatan literasi", tegasnya. (Edu_On/Did)