Pos Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

Berani Bermimipi Besar

4/12/2018


Buku ini bercerita kisah nyata kehidupan Merry Riana, perjuangan hidup yang tidak mudah dan penuh tantangan mampu dihadapi dan pantang untuk menyerah. Perjalanan hidup yang sangat menginspirasi bagi pembacanya untuk terus meraih kesuksesan. Merry Riana memiliki mimpi besar dalam hidupnya yaitu “sukses”, bahkan dia mentarget sukses di usia muda sebelum umur 30. Namun berkat kegigihan serta kerja kerasnya dalam mewujudkan mimpi dengan mengambil peluang yang sangat baik, pada usia 26 tahun Merry Riana sudah menjadi wanita sukses dengan penghasilan 1 juta dollar.



Hidup adalah sesuatu yang bergerak. Kekuatan manusia bukanlah sesuatu yang statis. Tuhan menganugerahkan segala fitur pembangkit keberhasilan di dalam tubuh dan pikiran kita. Aku bersyukur karena itu sejak muda untuk meraih sukses” petikan kalimat Merry Riana itu menjadi prolog buku karya Albherthine Endah.

Merry Riana terlahir dari keluarga sederhana, ayah Merry yang seorang pebisnis dan ibunya yang hanya sebagai ibu rumah tangga. Perjalanan hidup Merry di Singapura terjadi ketika ada kerusuhan di Jakarta, Merry yang baru lulus dari SMA dan bercita-cita ingin kuliah di Universitas Trisakti harus diurungkan. Kemudian ayah Merry membulatkan tekad untuk mengirim Merry kuliah ke Singapura di Nanyang Technological University (NTU). Alasan mengapa Marry dikirim ke Singapura, karena dirasa Singapura aman dan  pendidikan yang bagus. Dengan berat hati Merry mengiyakan perkataan ayah nya untuk meneruskan pendidikanya di UNY. Bukan suatu hal yang mudah harus meninggalkan keluarganya ketika di Indonesia sendiri sedang ada kericuhan. Belum juga beban mental yang akah dihadapi dengan keterbatasan ekonomi, karena pada saat itu krisis moneter dan kerusuhan membuat perekonomian keluarganya juga hancur. Ketekadan  kuat ayah Merry, dengan biaya utang salah satu dari Bank Singapura yang memang waktu itu menyediakan peminjaman bagi mahasiswa.

Keprihatinan hidup di Singapura menjadikan marry berusaha keras untuk bangkit dan terbebas dari keadaan finanisal, namun menurutku Merry terlalu ambisi terhadap harta tapi dibalik itu ada motivasi yang luar biasa yaitu tentang kedisiplinan. Bahwa dengan disiplin dengan perlahan akan mencapai target yang sudah direncanakan. Disiplin tidak membuat orang sukses tapi orang sukses selalu menerapkan hidup disiplin.

Perjalanan untuk meraih sukses, dia bertemu dengan Alva orang Indonesia yang juga menempuh pendidikan dikampus yang sama. Berawal dari sebuah kegiatan Kampus yang menyelenggarakan kegiatan tentang keagamaan, dia merasa butuh kedamaian dari agama karena menurutnya tidak ada yang lebih tepat dari pencarian ketentraman kecuali hanya dengan pendalaman Agama.

Pertemuanya dengan Alva, telah membuktikan bahwa dalam diri manusia membutuhkan partner atau rekan yang bisa diajak untuk berdiskusi serta menyemangati. Banyak orang merancang sukses sendiri, karena memang sudah mempunyai jurus sukses yang telah dikuasai. Tapi kehadiran partner memberikan suntikan energi yang lebih dahsyat lagi. Alva yang selalu menyaksikan langkah Merry dan menyuntikkan semangat ketika keputusasaan mulai muncul. Bahkan pada saat menajdi sales keuangan Alva menanamkan kedisiplinan pada Merry yaitu sehari harus 20 presentasi kepada calon nasabah. Dan benar saja berkat kedidisiplinan yang dia tanam menjadi sukses finansial pada usia 26 tahun. Berkat kegigihan dalam menjalankan bisnis dalam 6 bulan Merry mampu melunasi hutang biaya pendidikan dan menjadi manajer muda, kemudian menjadi President Star Club.
Sekarang Merry menjadi pebisnis sukses muda dalam Merry Riana Organization “MRO” dan menjadi motivator luar negeri dan dalam negeri. Hal yang selalu diucpakan Merry dalam seminanya bahwa untuk sukses harus berani bermimpi besar.

Buku ini baik dibaca oleh kalangan mahsiswa, masyarakat dan orang-orang yang ingin terjun ke dalam bisnis. Motivasi dalam buku ini yang luar biasa, kata-kata motivasi yang mampu menginspirasi dan memotivasi para pembacanya untuk terus berjuang mempertahankan hidup walau dalam keadaan serba keterbatasan. Pengarang disini juga menggunakan tokoh "aku" sebagai cerita ini malah memudahkan pembaca karena yang dibaca itu seolah-olah dirinya si pembaca. Bahasa yang begitu puitis, menarik tapi penggunaan penulisan puitis ini menimbulkan kesulitan penggambaran latar cerita yang detail. Juga dalam buku ini ada suguhan beberapa tema yang hamper sama, membuat pembaca mudah bosan. Berikut ini adalah identitas buku:



Judul                           : Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar


Pengarang                   : Albhertiene Endah

Jumlah Halaman         : 362 halaman

Tahun terbit                 : 2011

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama

ISBN                           : 9789792274813



*) Penulis adalah Diah Novi Karisma, kru LPM Edukasi tahun 2017


*) Sumber gambar: Google Images