HMJ PAI Bekali Mahasiswa Cara Penggunaan Mendeley Untuk Penulisan Jurnal Ilmiah


Dok. LPM Edukasi (Shiha)

Semarang, lpmedukasi.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ-PAI) UIN Walisongo Semarang menggelar Workshop Kepenulisan Jurnal Ilmiah dengan tema “Optimalisasi Penggunaan Mendeley dalam Penulisan Jurnal Ilmiah” Acara ini digelar di Gedung Teater Syekh Nawawi al-Bantani Kampus 3 UIN Walisongo pada Senin (20/03). 

Kegiatan ini ditujukan untuk melatih penggunaan aplikasi Mendeley dalam pembuatan artikel ilmiah. Mendeley merupakan aplikasi dapat membantu dalam membuat sitasi atau penulisan daftar pustaka dalam makalah, artikel, dan berbagai jenis karya tulis ilmiah lainnya. 

Acara ini menghadirkan Editor Jurnal Pendidikan Islam (Magistra) Universitas Wahid Hasyim, Ubbadul Adzkiya’ sebagai salah satu pemateri. 

Ubbadul Adzkiya dalam pemaparannya, menuturkan bahwa penggunaan aplikasi Mendeley akan mempermudah peneliti untuk secara manual dan otomatis mengambil sumber dan konten dari jurnal akademik.

"Penggunaan aplikasi Mendeley untuk mencantumkan sumber lebih cepat karena otomatis bisa terdeteksi dari judul sumber, author, tipe sumber, tahun sumber, bahkan komplit beserta abstrak sumber pun bisa." tuturnya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa mahasiswa harus siap dengan adanya perubahan teknologi, karena kedepannya mungkin akan ada apikasi lain yang lebih efektif untuk digunakan. 

“Mungkin hari ini yang sangat diperlukan adalah Mendeley, tapi kemungkinan tahun depan Zotero, dll. Jadi ini soal teknologi yang selalu berubah, dan teman-teman harus siap dengan perubahan". pungkasnya. 


Penulis : Shihatud (Kru Magang 2022)
Editor : Zulfi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak