Doc. Internet


Bagi penggemar lagu poprock tentu tak asing lagi dengan grup band asal Amerika, yakni Maroon 5. Beberapa waktu yang lalu, saya membuka portal youtube dan seketika itu muncul video lagu yang berjudul Girls Like You. Setelah saya amati ada beberapa hal yang menarik disana.

Dalam video bertajuk Girls Like You  ini memang menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak ? Terbukti sampai saat ini video tersebut sudah memiliki like 9,3 juta dan ditonton sebanyak 2,1B . Selain itu Maroon 5 menggandeng Cardi B yang tak lain adalah seorang rapper. Namun ada sisi lain yang menyita perhatian banyak orang, yakni isi video dalam lagu ini. Penyatuan kekuatan wanita yang berasal dari berbagai suku, ras, agama dan profesi.

Lalu mengapa harus wanita yang ada dalam video tersebut ? Ya, karena memang judul lagunya Girls Like You , dan wanita itu acapkali diidentikkan dengan makhluk yang tidak berdaya dan menjadi obyek sasaran menjadi korban kekerasan. Lagu yang digawangi oleh Adam Levine ini pun menghadirkan 26 wanita yang berasal dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan profesi. Mereka dihadirkan dalam video tersebut, menyatu dalam alunan musik, tertawa dan bahagia bersama.

Video yang berdurasi kurang lebih empat menit tersebut melakukan penyampaian maknanya secara rapi dan tersirat. Maroon 5 dengan berani ingin mendobrak isu- isu perbedaan yang kini kian menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia.

Ada beberapa lirik lagu yang menyampaikan bahwa hubungan antara laki- laki dan perempuan itu saling melengkapi. Dan keduanya memiliki posisi yang setara dan tak ada yang berat sebelah.

Girls like you
 Love fun, yeah me too
 What I want when I come through
I need a girl like you.

Beberapa bintang ikut serta mewarnai musik video itu. Mereka adalah, Tiffany Haddish, J Lo, Camila Cabello, Pheobe Robinson, Sarah Silverman, Mary J Blige, Rita Ora, dan sang Wonder Woman, Gal Gadot. Tak hanya itu, pembawa acara televisi Ellen DeGeneres yang juga hadir dengan penampilan maskulinnya.

Kemudian, Jackie Fielder yaitu seorang wanita yang telah mengambil peran besar dalam Dakota Access Pipeline (DAPL), untuk menyediakan asupan air bersih bagi masyarakat. Ada juga wanita yang telah meraih prestasi besar di dunia olahraga seperti, Danica Patrick. Ia adalah seorang pembalap wanita yang telah memenangkan balapan IndyCar Series. Secara keseluruhan pose wanita  dihadirkan dengan rupa, pakaian dan gaya dalam bertindak secara berbeda- beda. Dan hal itu memberikan kesan tersendiri bagi warganet.

Selain wanita yang menjadi bintang- bintang besar, mungkin ada beberapa wanita yang asing. Namun mereka adalah wanita yang tergabung sebagai aktivis perdamaian dunia.

Namun dari sekian hal yang membuat ketertarikan pada video lagu ini,  ada hal yang menjadi titik kekurangan.  Jikalau lagu ini ingin memberikan pesan kepada kaum perempuan melalui perjuangannya,  harusnya dalam video lagu ini ditampilkan pula sedikit gambaran usaha perempuan itu dalam mencapai dan menggapai tujuannya. Karena tak sedikit masyarakat awam yang belum mengenal tokoh-tokoh yang dihadirkan dalam video lagu itu. 

Wanita Berhijab
Selain beberapa wanita yang telah disebutkan, selang beberapa detik muncul dua perempuan yang berhijab. Hal ini menarik karena menurut beberapa sumber, baru kali ini Maroon 5 berani menghadirkan wanita berhijab dalam video lagunya. Mereka adalah wanita yang menggagas media Islam Muslimgirl yakni Amani Al-Khatahtbeh dan wanita pertama yang menjadi legislator di Amerika Serikat yakni Ilhan Omar. 

Sebagai penutup dalam lagunya, dihadirkan Behati Prinsloo dan anaknya yang baru lahir beberapa waktu lalu Gio Grace Levine. Dengan pelukan hangat, video musik ini pun ditutup dengan begitu manis.

*Ditulis oleh Fatimatur Rohmah


Share To:

Edukasi Online

Post A Comment: