doc. Edukasi
 Semarang, Edukasi Online – Bertempat di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo, Mahasiswa Kelas Seni Budaya dan Keterampilan Pendidikan Guru Madrah Ibdita’yah (PGMI) adakan Seminar Nasional Wayang Beber, Rabu (06/12). Acara ini merupakan kerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Penerbitan Masyarakat (LP2M ) dan Pusat Pengembangan Islam dan Bahasa Jawa (PPIBJ) .  Seminar ini dibuka oleh ketua LP2M, Solihan ditandai dengan melukis di kanvas. Dalam acara ini panitia mengundang Wisto Utomo seorang pelestari Wayang Beber dari Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Nony Tia atmawati seorang dalang remaja Wayang Beber.

“Awalnya kita hanya ingin mengadakan kunjungan wayang beber di Gunung Kidul. Tetapi setelah dipertimbangkan lebih bermanfaat jika mendatangkannya langsung dari Gunung Kidul.” ujar Shofa, ketua panitia seminar.

 Menurut Muhammad Rikza Chamami  selaku perwakilan PPIBJ mengaku mendukung acara ini. Ia juga menambahkan adanya kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa dan akademisi  memiliki kepribadian untuk melestarikan peninggalan terkait dengan Walisongo.

Dalam kesempatan kali ini, Rikza sapaan akrabnya berharap untuk kedepannya  acara ini menjadi kegitan rutin sebagai wujud   kecintaan dengan budaya jawa. “Saya harap terdapat acara ini bukan hanya ceremonial belaka tetapi sebagai follow up. Sehingga nanti jika ada mahasiswa yang ingin menjadi dalang maka bisa kita dorong.” ujarnya.

Ditulis oleh : Catur Krisna (Kru Magang LPM Edukasi 2018)
Share To:

Edukasi Online

Post A Comment: