Pos Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

Lukman Hakim: Jadilah Mahasiswa yang Bijak Bersosial Media

8/29/2018
Lukman Hakim sedang menerima kenang-kenangan dari Ketua Dema-U (Dok. Fatim)


Semarang, EdukasiOnline – Ketua umum Keluarga Alumni (Kalam) UIN Walisongo Semarang Lukman Hakim himbau mahasiswa baru (Maba) untuk bijak dalam bersosial media karena perkembangan teknologi yang sangat cepat. Hal itu disampaikan langsung pada acara penutupan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018  di lapangan UIN Walisongo, Rabu (29/09).

“Perkembangan media sosial sangat cepat, banyak yang memberi manfaat juga banyak konten-konten negatif yang menyebar. Jadi mahasiswa harus lebih selektif dalam bersosial media”, jelas lelaki yang sering disapa Lukman.

Dalam Orasi Kemahasiswaan, Lukman memberikan pemahaman mengenai dampak media sosial. “Media Sosial banyak memberikan hal positif bagi pemuda, dapat membuka cakrawala lebih luas dan memberikan wadah untuk berkreasi”, tutur alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo tersebut.

Namun, disisi lain sosial media juga ikut andil memberikan pemahaman negatif, terutama bagi kedaulatan bangsa. “Sosial media juga ikut andil memberikan pemahaman negatif, banyaknya fitnah dan berita hoak yang muaranya untuk mengganti falsafah negara”, tambah lelaki bertubuh tinggi tersebut.

Sebelum mengakhiri orasi Lukman berpesan kepada semua Maba untuk cerdas dan mampu memahami kepentingan bangsa.  “Saya berharap UIN Walisongo dapat mencetak mahasiswa cerdas dan peduli dengan kepentingan bangsa”, tegasnya. (Edu_On/Ris)