Pos Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

UMPTKIN 2018 : PAI Kalah Saing dengan Perbankan Islam

5/22/2018


Doc. Edukasi

Semarang, EdukasiOnline-- Hari ini Selasa, (22/5) UIN Walisongo adakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) yang diadakan serentak se- Indonesia. Untuk tahun ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) menjadi fakultas dengan peminat terbanyak di antara delapan fakultas yang ada di UIN Walisongo. Namun untuk peminat jurusan, Pendidikan Agama Islam (PAI) masih berada di bawah Perbankan Islam. Saat diwawancarai di tempat, Fatah Syukur selaku ketua penyelenggara UMPTKIN di FITK mengatakan bahwa tahun lalu  peminat terbanyak masih dipegang oleh PAI. Namun tahun 2018 PAI menjadi jurusan kedua dengan peminat terbanyak di bawah jurusan Perbankan Islam. “ Tahun lalu PAI nomer satu, tapi tahun ini dipegang  Perbankan Islam” terangnya.

Jika diumpamakan, angka perbandingan antara peminat jurusan PAI dan kuota yang diterima berkisar antara 1500:100 . Tahun ini juga terhitung hanya 15 peserta yang tidak mengikuti ujian dari 360 keseluruhan peserta di FITK .

Salah satu peserta UMPTKIN bernama Arina mengaku memilih UIN Walisongo sebagai pilihan pertama masuk universitas. Gadis asal Kendal itu berminat masuk jurusan Komunikasi Penyiran Islam (KPI) UIN Walisongo. Ia juga mengatakan akan mengikuti jalur ujian mandiri jika kali ini tidak lolos dalam UMPTKIN. Saat ditanya mengenai motivasi masuk UIN, ia mengatakan ingin mengembangkan bakat dan minatnya di jurusan yang ia ambil. “Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat, karena sesuai apa yang saya inginkan” ungkapnya dengan tersenyum.  (Edu_On/Tis)