Television Host Training: Kiat Sukses Public Speaking

Doc. Edu


Semarang EdukasiOnline-- Dalam rangka memperingati Hari Penyiaran Nasional, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menggelar Seminar Nasional di UIN Walisongo. Acara ini mengambil tema "Television Host Training" yang bertempat di Auditorium II, Kampus ke-3 UIN Walisongo pada hari Rabu, (9/5).

Seminar tersebut diikuti sekitar 800 mahasiswa dan dihadiri oleh Rektor UIN Walisongo, Prof Dr Muhibbin.  Neneng Athiatul Faizah, Komisoner KPID Jawa Barat, serta Indy Rahmawati presenter tv One dihadirkan sebagai narasumber. Tidak hanya seminar, namun Pameran Kartun Internasional juga dipamerkan. Ada 47 negara yang turut mengisi pameran tersebut, diantaranya: Jerman, Iran, Zambia, dan Turki.

Sebagai narasumber pertama, Indy Rahmawati yang merupakan presenter Tv One memberikan materi bagaimana cara menjadi presenter yang baik. "Sebelum tampil di depan kamera, kita harus memiliki riset-riset yang kuat untuk materi yang akan disampaikan. Dengan begitu, kita akan tahu bagaimana arah dari sikap kita untuk kasus tersebut", tuturnya.

Ia menambahkan bahwa tanpa riset, kita tidak akan bisa tampil dengan baik karena tidak bisa memahami materi. Pemahaman terhadap materi akan mempengaruhi penampilan kita, hal tersebut dapat dilihat dari cara berbicata, tatapan mata, serta rasa percaya diri. Selain riset, penampilan dan manajemen waktu juga penting.

Di akhir pembicaraan, Indy tidak lupa memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk sering berlatih bicara. "Zaman sekarang sudah canggih, smartphone yang kita miliki bisa digunakan untuk berlatih tampil di depan kamera, kita harus memanfaatkannya, bukan cuma dibuat selfie", tegas presenter senior itu.

Materi public speaking juga diberikan dalam seminar tersebut, dengan narasumber Neneng Athiatul Fauziah, Komisioner KPID Jawa Barat. "Your Words change the world", kata Neneng. Ia menegaskan bahwa pembicara yang baik tidak hanya memperhatikan kata-kata yang ia ucapkan, tetapi juga sikap dan penampilan.(Edu_On/Nia)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.