Pos Terkini

Diberdayakan oleh Blogger.

Sambut Tahun Politik: Fahmi Ajak Kritisi Calon Gubernur Sebelum Dilantik

1/25/2018


 
Sudirman Said menyampaikan isi seminar tentang "Masa Depan Energi dan Sumber Daya Alam/ Mineral di Jawa Tengah".
Semarang, EdukasiOnline—Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Walisongo Semarang dalam pelantikannya mengelar seminar nasional, pada Rabu (24/01). Dalam seminar tersebut, DEMA UIN Walisongo mengusung tema "Masa Depan Energi dan Sumber Daya Alam/ Mineral di Jawa Tengah". Mengundang narasumber Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Sudirman Said (mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia). Dua orang tersebut merupakan kandidat calon Gubernur Jawa Tengah pada pemilu 2018 nanti.

Ketua DEMA UIN Walisongo, Syarifudin Fahmi menyampaikan bahwa seminar tersebut bertujuan agar mahasiswa mempunyai peran dalam pembangunan Jawa Tengah kedepannya, mengingat letak geografis UIN Walisongo Semarang yang kebetulan berada di Jawa Tengah.
"Kami menyepakati bahwasanya mahasiswa harus mempunyai peran penting dalam pembangunan di Jawa Tengah kedepan" tutur Fahmi, sapaan akrabnya.

Fahmi juga menekankan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan wajib memiliki peran dalam penangananan isu-isu kemasyaraatan. Dan beberapa aliansi mahasiswa di UIN Walisongo telah berperan dalam menyuarakan isu-isu tersebut. Tentang kasus-kasus lingkungan di Jawa Tengah.

"Mahasiswa kita beberapa sudah ikut andil dalam menyuarakan kasus-kasus tentang alam. Kasus Kendeng misalnya, ketika aksi di Gubernuran," tambahnya.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya momentum tahun politik 2018, langkah pertama mahasiswa dalam ikut serta membagun Jawa Tengah menurut Fahmi salah satunya adalah dengan cara mengkritisi kandidat calon Gubernur Jawa Tengah 2018, yang kebetulan didatangkan sebagai pembicara dalam agenda tersebut.

"Mumpung ini masih kandidat saja, kita harus kritisi terlebih dahulu" pungkasnya. (Edu_On /Yat)