Call For Papers LPM Edukasi 2018

Doc. LPM Edukasi



Tema: “Pendidikan Islam Nusantara; Nilai Teologis dan Tradisi Lokal Bangsa”


Islam adalah agama yang universal, sempurna, dinamis, lentur, elastis dan selalu dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Ajaran universal Islam mengenai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara akan terwujud secara substansial, tanpa menekankan simbol ritual dan tekstual. Sebagai agama Rahmatan Li al-‘Ālamīn, agama Islam mampu mengakomodasi semua kebudayaan dan perabadan manusia di seluruh dunia.
Di Indonesia sendiri, sebagai salah satu negara mayoritas Islam terbesar di dunia awalnya tidak serta merta masuk begitu saja. Melalui tokoh-tokoh yang dikenal sangat kental dengan tradisi dan budaya di Indonesia saat itu, mampu mengakulturasikan budaya lokal dan Islam. Hal inilah yang menjadikan Islam dapat diterima dengan baik di Indonesia.
Namun, belakangan ini mulai bermunculan gerakan-gerakan Islam garis keras yang mencoba merusak tradisi Islam lokal yang diwariskan tokoh-tokoh terdahulu. Mereka menganggap hal sedemikian tidak dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, kemudian dianggapnya sebagai Bid’ah. Selain itu, sebagian golongan ada pula yang menentang konsep Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan pada Pancasila. Menurut mereka, Indonesia yang mayoritas muslim haruslah bersistem negara Islam.
Dengan berbagai problem tersebut, disini peran pendidikan tentu sangatlah penting, agar gerakan-gerakan Islam yang menentang dapat ditanggulangi. Salah satunya yaitu Pesantren. Sebagai akar pendidikan Islam Nusantara, pesantren tidak hanya mengajarkan masalah keilmuan saja, namun disana peserta didik (santri) diajarkan secara konkrit nilai-nilai agama dan kebangsaan melalui sosok ‘kyai pesantren’.
Berdasarkan uraian diatas, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi UIN Walisongo Semarang mengundang mahasiswa, santri, guru, akademisi, peneliti, pemerhati pendidikan dari berbagai disiplin ilmu untuk berkumpul mendiskusikan tema yang kami angkat, yaitu Pendidikan Islam Nusantara; Nilai Teologis dan Tradisi Lokal Bangsa”
Kami menanti abstrak berbahasa Indonesia atau Inggris maksimal 300 kata yang dikirimkan melalui email cfpedukasi2018@gmail.com selambatnya tanggal 12 Februari 2018. Para pemakalah tidak dikenakan biaya, dan mendapatkan seminar kit, prosiding, sertifikat, snack, makan siang, doorprize, dan jurnal LPM Edukasi berISSN. Pemakalah yang berasal dari luar kota diharapkan menyediakan akomodasinya sendiri. Para pemakalah dengan tulisan-tulisan terbaik akan diterbitkan dalam Jurnal LPM Edukasi berISSN.

Tanggal Penting 
1.Pengumpulan abstraksi : 29 Desember 2017 – 12 Februari 2018 
2. Penjurian : 13 – 15 Februari 2018 
3.Pengumuman abtraksi yang diterima : 16 Februari 2018 
4. Pengumpulan full makalah : 17 – 28 Februari 2018 
5. Pelaksanaan seminar (Presentasi makalah)  :10 Maret 2018

Ketentuan Penulisan Makalah 
1.Makalah sesuai dengan substansi tema yang diangkat oleh panitia 
2. Makalah merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan pada media penerbitan apapun 
3.Panjang makalah antara 10-15 halaman, dan bukan merupakan karya yang memuat unsur-unsur plagiarism. 
4. Format makalah bisa dalam bentuk file word (RTF) maupun pdf 
5.Font yang digunakan yaitu Times New Roman 11 dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 dengan margin kiri 2,5 cm atas, bawah dan kanan 2 cm. 
6.Data diri (CV) dilampirkan saat mengirimkan makalah kepada panitia


Sekretariat: Gedung PKM Lantai 2 Kampus II UIN Walisongo Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Ngaliyan 50158 IG: lpmedukasi Twitter: @LPM_edukasi. FB: LPM Edukasi Website: www.lpmedukasi.com

Contact Person: 081575600770 (Luthfi), 
                            08568773674 (Riza)


9 Komentar

  1. bagaimana mana untuk detail hadiah dan detail hadiah masing2 pemenangnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas seperti yang tertera. Apresiasi yang kami berikan dalam bentuk sertifikat dan penerbitan jurnal berISSN. karena lomba gratis tanpa dipungut biaya pendaftaran. terimakasih :)

      Hapus
  2. apakah tidak ada juknis untuk pembuatan makalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuatan makalah lebih kepada penulisan jurnal yang menyertakan "abstrak". terimakasih :)

      Hapus
  3. Bg.. Pengumumannya.. Kapan?

    BalasHapus
  4. Dilihat di mana pengumumannya ini bang?

    BalasHapus
  5. Dimana pengumumannya bang?
    😖

    BalasHapus
  6. Sudah kami umumkan hasil seleksi abstrak CFP LPM Edukasi 2018 kawan-kawan. Silahkan dicek, semoga termasuk kalian yang lolos :)

    http://www.lpmedukasi.com/2018/02/pengumuman-lolos-abstrak-call-for.html

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak