Header Ads

Breaking News

Sudjiwo Tejo: Memiliki Tuhan Bukan Sesuatu yang Menakutkan



Sudjiwo Tejo sedang melakukan gladi bersih bersama dengan tim paduan suara UIN Walisongo Semarang.

Semarang, EdukasiOnline–“Karena ber-Tuhan tidak menakutkan dan beragama itu menyenangkan,” papar Sudjiwo Tejo dalam acara bedah buku Tuhan Maha Asyik pada Senin, (13/11). Dalam buku yang ditulisnya bersama dengan Buya Kamba tersebut ia ingin menyampaikan bahwasanya memiliki Tuhan bukan sesuatu yang menakutkan.

Memahami Tuhan tidak bisa disamakan dengan memahami manusia. Manusia menganggap orang lain ada, karena dirinya ada. Menganggap manusia itu cantik atau tidak didasarkan pada pengalaman masa lalu. Dari masa lalunya itu terbentuklah persepsi. “Persepsi pengalaman masa lampau bahwa cantik itu seperti ini, dan kecantikanmu memenuhi kriteria itu, aku bilang kamu cantik”, terangnya di tengah-tengah diskusi.

Kemudian, saat disinggug perihal maraknya kasus yang membawa nama agama, ia berpesan bagi para mahasiswa. “Banyak – banyak lah membaca dan rajinlah menulis. Karena dengan menulis kamu tau bacaan apa yang kamu butuhkan”, tambahnya.

Diakhir perbincangan dengan Tim-redaksi secara intensif bersama Mbah Tejo di ruang pemateri, sosok budayawan ini memberikan petuah. “Selama kamu tidak menulis, kamu tidak akan tau buku bacaan apa yang kamu butuhkan”, pungkasnya. (Edu_On/niL)

No comments