Header Ads

Breaking News

Refleksi G30S/PKI dan Hari Kesaktian Pancasila, KPT Beta Putar Lagu Genjer-genjer





Semarang, EdukasiOnline-- Kelompok Pekerja Teater (KPT) Beta Fakultas Ilmu  Tarbiyah dan Keguruan (FITK) adakan refleksi untuk memperingati G30S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila. Refleksi yang diselenggarakan dalam bentuk teatrikal ini diadakan di depan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FITK ketika jam istirahat tengah berlangsung, siang tadi (02/10).

Dalam refleksi ini, para aktor hanya memainkan gerak belaka sebari diiringi musik intrumental, dimana sebelum refleksi berakhir diputarlah lagu genjer-genjer, sebuah lagu 'haram' pada masa orde baru.

Sutradara acara refleksi ini, Muhamad Asror mengamini bahwa tadi KPT Beta memang memutar lagu genjer-genjer. "Tadi yang diputar adalah lagu genjer-genjer" ungkapnya.

Asror, nama akrab mahasiswa jurusan pendidikan matematika ini, menjelaskan bahwa lagu genjer-genjer dipilih untuk menyesuaikan dengan keadaan yang akan dilustrasikan oleh para pemain. "Saya ingin dari yang diilustrasikan identik dengan PKI" jelasnya.

Senada dengan asror, Bagus Prayoga pemegang tim ilustrasi menjelaskan bahwa dalam memilih lagu disesuaiakan dengan ilustrasi yang ada dalam film penghianatan G30S/PKI.

"Lagu genjer-genjer dipilih sebagaimana dalam film G30S/PKI yang saya tonton, dimana mengilustrasikam keadaan yang tegang" ungkap mahasiswa PIAUD ini. (Edu_On/Yat)

No comments