Header Ads

Breaking News

PBI, Prodi Rekor Terbanyak Datangkan Speaker dari Luar Negeri






Semarang, EdukasiOnline-- Jumat (29/9) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) untuk yang ke tiga kalinya mendatangkan key note speaker dari luar negeri. Setelah mendatangkan speaker yang bernama Gudrun dan Martin, kali ini Prodi PBI mengahadirkan Phil Reinhold Wandel yang juga berasal dari Jerman.

Seminar dengan tajuk “Intercultural Lerning” tersebut dihelat bersamaan dengan farewell party untuk Phil Reinhold Wandel yang telah tiga minggu menjadi tamu undangan UIN Walisongo. Sebelumnya, Reinhold yang akrab disapa Reini tersebut telah mengisi seminar dan mengajar drama untuk mahasiswa PBI.

Agenda yang diselenggarakan di ruang sidang lantai III Dekanat FITK tersebut dimulai pada pukul 14.29 WIB. Molor hampir satu jam dengan apa yang diagendakan. Agenda dimulai dengan pemaparan oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, Raharjo. Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan tentang Cross Cultural Understanding. Setelah itu disusul dengan Reihold, ia menjelaskan kehidupannya Jerman dan pentingnya seorang dosen serta mahasiswa untuk menguasai bahasa Inggris, terutama pada skill speaking.

Agenda yang dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari dari Dosen PBI, dosen PAI, Mahasiswa S2 jurusan PAI dan beberapa tamu undangan tersebut dari pembukaaan sampai penutupannya menggunakan bahasa Inggris. Menurut Kepala Jurusan (Kajur) PBI, Ikhrom, hal itu dimaksudkan agar orang tidak takut untuk berbahasa Inggris.

“PBI merupakan Prodi dengan rekor terbanyak dari jurusan lain yang mendatangkan speaker dari luar negeri” terang Ikhrom. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menjelaskan bahwa seminar yang diselenggarakan prodi PBI terbuka untuk umum, tidak hanya dosen dan mahasiswa PBI saja.

Mengenai pembiyaan Reinhold selama menjadi tamu undangan, Ikhrom menjelaskan bahwa, kampus membiayai uang harian sebesar Rp. 150.000,00-, uang laundry dan hotel, namun biaya hotel juga memperoleh potongan, kemudian segala pengeluaran tersebut nantinya akan diganti oleh Dikti.

Agenda ditutup dengan farewell party, kepala jurusan (Kajur), Ikhrom dan Sekretaris Jurusan (Sekjur), Sayyidadul Fadhilah memberikan kenang-kenangan kepada lelaki yang bernama lengkap Phil Reinhold Wendel tersebut. “Semoga seminar ini bisa menjadi pemantik untuk dosen dan mahasiswa PBI untuk menciptakan atmosper berbahasa Inggris di UIN Walisongo” harap Ikhrom pada sesi terakhir wawancara. (Edu_On/Fit)

No comments