Header Ads

Breaking News

Bekali Calon Crew Magang dengan Pelatihan Menulis Berita

Calon kru magang LPM Edukasi 2017 sedang mengikuti Diskusi Edukasi (Disked) terkait dengan teknik penulisan berita yang baik dan benar, (09/10).

Semarang, EdukasiOnline–Sebelum mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi bekali calon crew magang dengan pelatihan menulis berita pada Senin (09/10). Menjadi salah satu demisioner LPM Edukasi, Baihaqi dipercaya menjadi pemantik diskusi pada sore hari tersebut.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam ini menjelaskan beberapa hal mengenai berita. Mulai dari pengertian, unsur-unsur, ciri-ciri, macam-macam, teknik, adab, teknis, hingga struktur dalam berita. “Berita itu bermacam-macam, yakni straight news, indepth news, dan feature,” tuturnya dengan tangan yang menulis di papan sebelahnya.

Ia pun kembali menjelaskan perihal teknik penulisan berita. Dimana seperti yang dipaparkannya, berita menggunakan sistem piramida terbalik. “Maksudnya, sebuah berita dimulai dengan hal yang paling penting atau umum, kalimat selanjutnya hanya informasi tambahan,” jelasnya dengan raut wajah yang bersemangat.

Selanjutnya, Baihaqi menerangkan teknik penulisan berita. Menurutnya dalam menulis sebuah berita, jurnalis harus menentukan topik terlebih dahulu, kemudian outline atau kerangka, lalu menentukan narasumber. “Narasumber ada dua, primer dan sekunder,” ungkapnya.
Kembali Baihaqi melanjutkan bahwa seorang jurnalis harus menyusun draft pertanyaan, kemudian melakukan wawancara, menulis hasil reportasenya, dan melakukan editing tulisan dengan redaktur, hingga akhirnya tulisan tersebut dapat dimuat di media online.

Di akhir sesi diskusi, Baihaqi meminta semua calon crew magang yang hadir untuk menulis berita. Selama 30 menit, berita pun dikumpulkan dan diskusi tersebut di akhiri dengan menganalisis berita. (Edu_On/niL)

No comments