Header Ads

Breaking News

Mahasiswa Thailand keluhkan UKT UIN Walisongo



Semarang, EdukasiOnline—Kenaikan Uang Kuliah Tunggal atau UKT UIN Walisongo tidak hanya berdampak dari Indonesia saja. Tetapi juga dirasakan dari mahasiswa dari luar Indonesia. Salah satunya dari mahasiswa Thailand yang di universitas ini.

Dalam perbincangan dengan kami tentang kasus deskriminasi di negaranya pada kamis (17/8) salah satu mahasiwa Thalaind nyeletuk tentang UKT. “UIN sekarang ini juga mulai mahal” ucap Adam. Ia juga mengeluhkan tentang UKT yang diterima adik angkatannya dari Thailand. UKT yang berkisar dari 2 juta keatas. “UKT anak 2017 sekarang mahal. dua juta empat sampai dua juta delapan ratus” lanjutnya.

Biaya berat itu belum lagi ditambah dengan adanya peraturan baru kota semarang. “Apalagi sekarang undang-undang kota semarang yang baru saat mengurus surat tinggal. Untuk izin biaya muka dua juta perorang. Belum lagi uang kontrakan yang 10 juta” keluhnya.

Mahasiswa jurusan PAI ini mengatakan kalau UIN menjadi tujuan utama untuk mendalami ilmu agama. “Saya sebenarnya sudah diterima di universitas sana. Tapi kalau disini bisa S1 kalau disana hanya diploma, ada di Malaysia, lebih bagus tapi mahal” imbuhnya.


Ia juga menyarankan kalau UKT yang ada di UIN terus meningkat, maka mahasiwa Thailand di UIN akan semakin berkurang. “Kalau naik lagi mahasiswa Thailand tidak ada” tukasnya. (Edu_On/ziz) 

No comments