Header Ads

Breaking News

Tips Mengajar yang Menyenangkan



Infografis: Edu/Riza
EdukasiOnline— Beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebentar lagi akan dihadapkan dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dimulai 24 Juli mendatang. Hal ini tentunya segala bekal perlu dipersiapkan agar praktik akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Dalam kesempatan ini Tim Redaksi LPM Edukasi punya beberapa tips mengajar yang menyenangkan sebagaimana yang dilansir oleh pelajaran.co.id. Berikut tipsnya:

1.      Pilih metode pembelajaran yang tepat
 
Sebagai seorang pendidik, guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat dan berkualitas untuk murid yang diajarkannya. Setiap kelas memiliki keunggulan masing-masing untuk itu sebisa mungkin guru mengaplikasikan metode yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran yang pada akhirnya kegiatan KBM menjadi tidak membosankan bagi siswa.

2.      Mengadakan sebuah simulasi
 
Dengan memberikan sebuah simulasi kepada siswa akan membuat siswa lebih semangat memperhatikan dan semangat belajar siswa lebih tinggi. Pilihlah bentuk simulasi yang tepat berdasarkan materi yang diberikan.

3.      Lakukan kegiatan outdoor
 
Agar tidak bosan, guru perlu melakukan proses pembelajaran diluar kelas, manfaatkan lingkungan sekolah terdekat. Kegiatan belajar yang hanya dilakukan secara terus menerus di dalam kelas akan membuat siswa menjadi jenuh dan bosan.

4.      Beri pendekatan terhadap para siswa
 
Sebagai pendidik, guru diharapkan mampu selakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya. Hal ini akan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam merespon materi yang diberikan.

5.      Lakukan metode belajar dadakan
 
Guru tidak harus selalu terpaku pada program rancangan pembelajaran yang telah tersusun. Lakukan tindakan pembelajaran sesuai dengan sinamika kelas yang terjadi. Terapkan metode mengajar yang patutu dilakukan setelah melihat kelakuan siswa di kelas. Metode ini bersifat okasional atau dadakan. Sebagai contoh guru menyajikan blanko TTS tentang materi yang diajarkan di papan tulis, dengan begitu siswa akan terpancing untuk memperhatikan kedepan.

6.      Aktifkan siswa di dalam kelas
 
Libatkan siswa secara langsung dalam setiap kegiatan pembelajaran. Seperti menunjuk siswa yang dianggap paling bandel untuk menghapus papan tulis dsb. Selain itu, ajak siswa untuk memperagakan materi pelajaran. Dengan terlibat langsung dalam proses pembelajaran akan membuat siswa merasa senang dengan pembelajaran yang guru berikan. (Edu_On/Riz)

No comments