Header Ads

Breaking News

Seminar Nasional Kepemudaan; Buka Forsima PAI


Semarang, lpmedukasi.com-- Puluhan mahasiswa berbanjar mengular mengantre masuk auditorium 2 kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) walisongo untuk mengikuti seminar pada jumat siang (24/03). Adanya seminar nasional tentang kepemudaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Walisongo ini merupakan acara pembuka dari serangkaian acara Forum Silaturrahmi Mahasiswa (Forsima) PAI se-Jawa, wilayah Jawa Tengah tiga hari kedepan.

“setelah ini masih ada beberapa agenda selama tiga hari, terutama agenda terbesarnya pada Hari Sabtu yaitu rapat kerja wilayah dan musyawarah wilayah.” Tandas Adian Akbar, salah satu perwakilan panitia saat diwawancara.

Adian menambahkan diadakanaya seminar ini juga bertujuan untuk menyemarakkan adanya Forsima PAI. “ini merupakan salah satu program kerja dari departemen luar negeri HMJ PAI yakni diadakanya Forsima PAI, nah untuk meramaikan acara tersebut diadakanlah seminar ini” tutur mahasiswa PAI semester 4 asli Purwokerto ini.

Seminar nasional kepemudaan dengan tema “Mengoptimalkan peran pemuda dalam mereralisasikan nilai-nilai nasionalis yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah” ini, mengundang orang nomor satu di Jawa Tengah sebagai narasumber yakni gubernur Ganjar Pranowo. Selain Ganjar, panitia juga mengudang dua orang penting lain sebagai narasumber. Adalah Muh. Erfan Soebahar ketua MUI Kota Semarang dan Muh. Zen anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah. 

Selain mengudang orang penting sebagai pembicara, seminar ini juga dihadiri oleh para pejabat penting Kampus, seperti halnya Wakil Rektor bagian Kemahasiswaan; Suparman untuk mewakili Rektor yang tidak bisa datang untuk membuka dan meresmikan acara. Dihadiri pula para pejabat birokrasi serta para dosen terutama dari Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 

Adapun peserta yang datang adalah mayoritas berasal dari jurusan PAI semester dua dan empat, walaupun ada juga semester enam yang datang. Namun, karena seminar ini sifatnya umum, banyak pula peserta yang berasal dari jurusan lain dalam satu lingkup Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan maupun jurusan lain dari fakultas lain. Datang pula tamu undangan dari perguruan tinggi lain untuk menghadiri seminar ini. (Edu/GH)

No comments